Dark/Light Mode

Teruskan Berantas Peredaran Narkoba

Kinerja BNN Di 2023 Dinilai Sudah Bagus

Sabtu, 30 Desember 2023 07:20 WIB
Anggota Komisi III DPR Andi Rio Idris Padjalangi. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi III DPR Andi Rio Idris Padjalangi. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
“Tapi kalau dia bandar besar, saya setuju kalau dia dihukum mati, ditembak mati. Tapi ka­lau pemakai, cuma cupu-cupu, saya kira cukup rehabiltasi saja. Karena kasihan juga penjara ini kan over kapasitas, kebanyakan kasu narkoba. Yang perlu diberantas ini bandar-bandar be­sarnya,” harapnya.

Terakhir, Andi Rio memberi­kan ucapan selamat atas jabatan baru yang diemban Komjen Marthinus Hukom sebagai Ke­pala BNN menggantikan Gories Mere, yang telah memasuki masa pensiun. Dia berharap, Marthinus dapat melanjutkan program-program yang sudah berjalan dengan baik dan meningkatkan serta melakukan perbaikan terhadap program BNN yang masih perlu disem­purnakan.

Baca juga : Tak Proses Pengunduran Diri Firli, Istana Dinilai Sudah Tepat

“Ya tentu kita berharap ada terobosan-terobosan baru dari Kepala BNN yang baru sehingga kinerja BNN ke depan dalam pemberantasan narkoba ini jauh lebih baik,” tambahnya.

Terpisah, Komjen Pol Mar­thinus Hukom mengungkapkan, sepanjang 2023 BNN telah berhasil mengungkap 37 sin­dikat narkoba, yang terdiri dari 15 jaringan sindikat narkotika nasional dan 22 jaringan sindi­kat internasional. Pihaknya juga berhasil mengungkap tindak pidana peredaran narkotika dan psikotropika sebanyak 910 kasus, dan mengamankan sebanyak 1.284 orang tersangka.

Baca juga : Tumbuh 20 Persen, BNI Genjot Kinerja BNIDirect Akhir Tahun

Dari pengungkapan kasus-kasus tersebut, telah berhasil disita sejumlah barang bukti narkotika dari berbagai jenis. Barang bukti dari tiga perkara besar di antaranya adalah sabu sebesar 1,3 ton, sabu butir atau yaba 61.200 butir, 1,4 ton ganja kering, ekstasi sebanyak 369.755 butir, dan ekstasi serbuk 145,4 kilogram.

Selain itu, BNN juga telah memusnahkan 27,6 hektare ladang ganja dengan berat tana­man ganja basah mencapai 80 ton.

Baca juga : Pancasila Perwujudan Nilai-nilai Agama dan Keluhuran Bangsa

“Melalui kerja sama dengan Bea dan Cukai, BNN juga telah berhasil mengungkap modus baru narkotika. Modus tersebut adalah penyeludupan 1.114 gram heroin oleh jaringan Karachi-Indonesia,” katanya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 30/12/2023 dengan judul Teruskan Berantas Peredaran Narkoba, Kinerja BNN Di 2023 Dinilai Sudah Bagus

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.