Dark/Light Mode

Pesawat Hercules Baru Tiba Di Indonesia

Prajurit Kita Tidak Lagi Gunakan Alutsista Jadul

Kamis, 25 Januari 2024 07:20 WIB
Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid. (Foto: Dok. DPR RI)
Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
Lebih lanjut, politisi asal beringin daerah pemilihan Su­matera Utara I itu bilang, dengan kedatangan alustista tersebut, target Minimum Essential Force (MEF) diharapkan dapat ter­capai tahun ini. Nantinya, para prajurit-prajurit TNI betul-betul menggunakan alutsista yang jauh lebih modern. Tidak lagi menggunakan alutsista jadul.

“Kita harapkan MEF dapat tercapai tahun 2024. Dengan penambahan anggaran Kemhan, kita berharap berbagai peralatan tahun 1960-an tidak lagi diguna­kan prajurit TNI kita dan sudah dapat menggunakan peralatan terbaru,” ujarnya.

Sementara, Presiden Jokowi menuturkan, kedatangan alut­sista tersebut untuk memperkuat pertahanan dan keamanan negara.

Baca juga : Imbau Hargai Hak Politik Presiden, Nusron: Kuncinya Tak Gunakan Fasiiltas Negara

“Baru saja dilakukan peny­erahan pesawat Super Hercules C-130J. Ini pesawat angkut yang telah kita pesan beberapa tahun yang lalu dan penting sekali, baik untuk keperluan perang maupun nonperang,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, pesawat angkut berat ini dapat mengang­kut sekitar 120 prajurit dan 20 ton barang. Keberadaan alutsista ini, tentunya sangat penting bagi Indonesia yang banyak memiliki bandar udara (bandara) dengan landasan pendek.

“Saya kira sangat bagus untuk negara sebesar Indonesia, negara kepulauan yang kadang-kadang airport-nya hanya memiliki run­way yang pendek. Nah, ini bisa didarati oleh Super Hercules ini dan bisa terbang saya kira 11 jam nonstop,” ujarnya.

Baca juga : Menteri Siti: Kita Nggak Main-main

Pada kesempatan ini, Jokowi juga menyaksikan penyerahan helikopter AS-550 Fennec dan helikopter AS-565 Panther.

“Semuanya harus disiapkan, karena untuk mendukung (ka­pal) Freegard kita, bisa turun di Freegard kita. Saya kira heli-heli seperti Fennec itu sangat pen­ting,” tandasnya.

Sebelumnya, Jokowi me­nyaksikan penyerahan pesawat C-130J Super Hercules secara simbolis dari Kemenhan ke TNI AU di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/1/2024).

Baca juga : Capres-Cawapres Kerap Pakai Istilah Saat Debat, Rugikan Diri Sendiri

“Baru saja dilakukan penyera­han pesawat Super Hercules C-130J. Ini adalah pesawat angkut yang telah kita pesan beberapa tahun yang lalu dan penting sekali, baik untuk keperluan perang maupun nonperang,” ujar Jokowi kepada awak media usai menyaksikan penyerahan.     

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 25/1/2024 dengan judul Pesawat Hercules Baru Tiba Di Indonesia, Prajurit Kita Tidak Lagi Gunakan Alutsista Jadul               

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.