Dark/Light Mode

Kendalikan Harga Beras

Kemendag Diminta Gerak Cepat

Senin, 26 Februari 2024 07:10 WIB
Anggota Komisi VI DPR Muhammad Husein Fadlulloh. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi VI DPR Muhammad Husein Fadlulloh. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
Ia pun menegaskan, ketersediaan beras dapat terjaga dan kini mulai memasuki musim panen padi. “Jadi ketersediaan beras dapat terjaga dan kini memasuki musim panen di beberapa daerah. Prediksi Maret nanti akan menghasilkan beras sekitar 3,51 juta ton dan pada bulan April akan lebih tinggi lagi,” jelasnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Imran Jausi menambahkan, wilayah Sulsel sudah melakukan panen raya padi di awal tahun ini sejak bulan Januari sampai dengan April mendatang. Bulan Januari, Sulsel sudah panen dengan luas lahan 11 ribu hektare, Februari 100 ribu hektare, dan Maret akan panen seluas 160 ribu hektare.

Baca juga : Biaya Logistik Dipangkas, Indonesia Timur Bergeliat

“Kami akan segera melakukan panen raya pada bulan Maret nanti. Diperkirakan ada sekitar 300 ribu ton padi. Ini merupakan angka yang cukup bagus dan kabar baik untuk kita semua. Dan yang paling penting, pada bulan April mendatang kami menargetkan angka yang lebih tinggi lagi,” ucapnya.

Dijelaskannya, Sulsel memi­liki 21 kabupaten dan 3 kota serta memiliki luas baku sawah 654.818 ribu hektare.

Baca juga : Harga Beras Rawan Semakin Ugal-ugalan

“Tentu hal ini menjadi kabar bahagia untuk kita semua bahwa puncak panen raya akan segera tiba,” tambahnya.

Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan Yudi Sastro juga mengamini apa yang disebutkan oleh Imran. Bahwa saat ini Indonesia tidak kekurangan produksi padi karenakita akan segera memasuki masa panen beberapa bulan ke depan.

Baca juga : Pangan Murah Nggak Boleh Salah Sasaran

Produksi padi dalam negeri akan segera meningkat seiring dengan musim panen yang akan segera tiba. “Beberapa daerah dibulan Januari, Februari sudah ada yang panen, pada Maret, April dan seterusnya diperkirakan puncak panen raya untuk hampir seluruh wilayah di Indonesia. Seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB dan daerah lain­nya,” ujar Yudi.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 26/2/2024 dengan judul Kendalikan Harga Beras, Kemendag Diminta Gerak Cepat     

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.