Dark/Light Mode

Di Forum Internasional

DPR Perjuangkan Masa Depan Lapangan Kerja Indonesia Perspektif Ekonomi Hijau

Jumat, 19 April 2024 16:08 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VII DPR Dyah Roro Esti kembali berperan penting dalam forum iklim internasional untuk kesekian kalinya.

Ia kembali menghadiri serta berpartisipasi dalam Global Parliamentary Forum tahun 2024 pada ajang World Bank (WB) & International Monetary Fund (IMF) Spring Meetings, 16 April 2024 di Washington DC, Amerika Serikat (AS).

Kegiatan tersebut adalah Global Young MP Forum dengan acara Global Young MP Initiative yang mengusung tema “Planting Seeds of Growth: Creating green jobs for young people and the planet”.

Dengan menghadirkan anggota parlemen muda dunia untuk terlibat dengan pimpinan World Bank serta para pemimpin dunia mengenai masa depan lapangan pekerjaan dari perspektif ekonomi hijau untuk mengakhiri kemiskinan ekstrem dan meningkatkan kesejahteraan serta kemakmuran masyarakat dunia.

Baca juga : Garuda Operasikan 2 Penerbangan Kemanusian Ke Sudan Dan Palestina

Berbekal pengalamannya menjadi aktivis lingkungan dan anggota Komisi VII DPR, ia juga menjabat sebagai steering committee mewakili East Asia and Pacific dalam Global Young MP Initiative.

Roro sangat memperhatikan kondisi negara-negara yang memiliki proyeksi bonus demografi, khususnya Indonesia.

Dia menjelaskan, saat ini semakin banyak anak muda dalam posisi mencari pekerjaan, ini merupakan isu penting sehingga perlu mengantisipasinya terkhusus dengan negara demografi muda seperti Indonesia.

“Karena dengan adanya sektor hijau di akan berdampak pada kebutuhan tenaga kerja baru, sehingga bonus demografi dapat teratasi dengan peluang kerja baru yang lebih luas," kata Roro, kepada RM.id, Jumat (19/4/2024).

Baca juga : Gen Z Kudu Dilibatkan Kerek Ekonomi Digital

Dalam pandangannya, kesulitan dari populasi muda untuk mendapatkan pekerjaan dengan kondisi lapangan pekerjaan hari ini.

Maka, ia mengingatkan bahwa setiap negara dengan demografi yang muda seperti Indonesia harus bisa mengantisipasi dan memperbaiki kondisi lapangan pekerjaan.

Dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut, ia menekankan pentingnya peran sektor hijau, mengingat sektor hijau merupakan sektor baru yang dapat menampung banyak pekerjaan.

Politisi Partai Golkar ini memandang, peran penting Pemerintah serta organisasi-organisasi dunia seperti World Bank dalam menumbuhkan sektor hijau.

Baca juga : PIK 2 Membuka Peluang Usaha Dan Lapangan Kerja

Ia mengambil contoh kesuksesan proyek solar panel di Bangladesh sebagai salah satu proyek yang berhasil menyerap lapangan pekerjaan dan secara bersamaan berkontribusi pada penyelesaian permasalahan iklim dunia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.