Dark/Light Mode

Bamsoet Terima Penyematan Pin Wakil Ketua Dewan Pembina IKA Unpad

Rabu, 26 Juni 2024 15:12 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo menerima penyematan pin sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina IKA Unpad dari Ketua IKA Unpad Irawati Hermawan. (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo menerima penyematan pin sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina IKA Unpad dari Ketua IKA Unpad Irawati Hermawan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menerima penyematan pin sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Ikatan Alumni (IKA) Universitas Padjadjaran (Unpad) menggantikan (almarhum) Fahmi Idris. Penyematan pin dilakukan langsung Ketua IKA Unpad Irawati Hermawan. Bamsoet akan mendampingi kepemimpinan Pramono Anung sebagai Ketua Dewan Pembina IKA Unpad.

"Suatu kehormatan bagi saya dipercaya sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina IKA Unpad. IKA Unpad merupakan organisasi perkumpulan alumni dari seluruh fakultas yang ada di dalam naungan Universitas Padjadjaran. Didirikan pada 24 September 1960, saat ini Ketua Dewan Pembina IKA Unpad dipegang oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung," ujar Bamsoet, usai menerima Ketua IKA Unpad Irawati Hermawan, di Jakarta, Rabu (26/6/2024). 

Baca juga : Literasi Sehat, Penting Kenali Jenis Batuk Dan Penanganannya

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, keberadaan organisasi ikatan alumni memiliki peran penting dan strategis baik bagi almamater, kampus hingga masyarakat. Organisasi alumni bisa berperan sebagai katalisator, kontributor, serta referensi dan inspirasi.

Sebagai katalisator, alumni menjadi cerminan citra kampus yang memiliki tanggung jawab moral untuk bersama-sama menjaga nama baik almamater. Sebagai kontributor, alumni dapat menjadi kepanjangan tangan almamater untuk memperluas jaringan kampus. 

Baca juga : Bamsoet: ARDIN Harus Dorong Peningkatan Digitalisasi Usaha

"Sedangkan sebagai referensi dan inspirasi, alumni berperan memberikan banyak kesempatan forum informasi dunia kerja dan usaha yang dapat membantu penyerapan angkatan kerja," kata Bamsoet. 

Dosen Tetap Pascasarjana Universitas Borobudur ini mengajak IKA Unpad untuk terlibat aktif dalam berbagai kegiatan, baik di bidang pendidikan, sosial, kemasyarakatan, ekonomi, budaya hingga politik. Selain itu, IKA Unpad juga harus mampu mendorong agar seluruh anggota bisa berperan di berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta.

Baca juga : Crystalin Apresiasi Pelajar Di Kompetisi Fisika Asia Lewat Dana Pembinaan

"Organisasi ikatan alumni harus bisa memberikan manfaat bagi anggotanya untuk melebarkan networking dengan akses yang ada. Selain sebagai wadah para alumni untuk saling bersilaturahmi, bercengkrama, sekaligus berkontribusi dalam berbagai aspek pembangunan bangsa," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.