Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mall Di Jakarta Dikabarkan Segera Dibuka Setelah Lebaran

Dito Ganinduto: Masih Dalam Tahap Kajian, Belum Keputusan

Kamis, 21 Mei 2020 10:30 WIB
Ketua Komisi XI DPR Dito Ganinduto. (Foto: Partai Golkar)
Ketua Komisi XI DPR Dito Ganinduto. (Foto: Partai Golkar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sudah sekitar dua bulan, mall di beberapa wilayah di Indonesia ditutup selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal itu pun membuat perekonomian di mall berhenti. Pengusaha pusat belanja pun menginginkan agar pusat belanja atau mall dapat beroperasi kembali.

Keinginan itu sepertinya didengar. Kabar itu datang dari Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), Budihardjo Iduansjah. Ia mengatakan, mall di wilayah dKI Jakarta dalam waktu dekat akan kembali dibuka. Tepatnya 8 Juni 2020 atau setelah Lebaran. Pembukaan tersebut akan berlaku jika tidak ada perubahan jadwal. “Sementara ini infonya,” kata Budihardjo Iduansjah, seperti diberitakan detikcom, Minggu (17/5).

Meski begitu, aktivitas di mall akan berubah 180 derajat. Mengingat situasi yang masih dibayangi pandemi virus corona (Covid-19). Pengoperasian mall akan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Pengunjung pun diwajibkan untuk menjaga jarak (physical distancing) minimal 1,5 meter saat berinteraksi.

Baca juga : Sukur: Jangan Tularkan Virus Covid Ke Kampung Halaman

Tidak hanya saat memasuki area mall, setiap pengunjung yang ingin memasuki toko seperti salon hingga area permainan akan dicek suhu tubuhnya. Jika suhu melebihi 37,4 derajat celcius, pengunjung tidak diperbolehkan masuk. Baik karyawan maupun pengunjung, diwajibkan menggunakan masker selama wira-wiri di mall. Hand sanitizer juga akan disediakan di setiap titik orang akan melakukan interaksi, seperti di akses masuk, hingga area kasir.

Lantas, bagaimana tanggapan pengelola pusat belanja. Berikut wawancara Rakyat Merdeka dengan Ketua Komisi XI DPR Dito Ganinduto.

Ada kabar, pusat perbelanjaan akan kembali buka pada 8 Juni. Apa tanggapan Anda?

Baca juga : Ringankan Beban Keuangan, Garuda Harus Berani Renegosiasi

Ini opsi-opsi yang sedang dikaji pemerintah. Namun setahu saya, pemerintah mengatakan, selama dua minggu ini tidak ada pelonggaran PSBB. Pembukaan pusat perbelanjaan ini, tentunya akan dilaksanakan apabila memperhatikan etimologi dan sebagainya. Tentunya, ini belum menjadi keputusan.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam kajian?

Pemerintah akan mengkaji mulai dari faktor kesehatan dan sebagainya. Kita menunggu saja, ini kan masih taraf kajian. Sebab, yang masih menjadi prioritas adalah kesehatan, dan apakah grafiknya sudah mulai menurun atau belum. Ini juga masih ada beberapa waktu yang bisa digunakan untuk dikaji.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.