Dark/Light Mode

Puan: Jangan Buru-buru Laksanakan New Normal

Kamis, 28 Mei 2020 14:14 WIB
Puan Maharani (Foto: Dok. DPR)
Puan Maharani (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah harus lebih dahulu memastikan secara rinci protokol kesehatan sebelum melaksanakan The New Normal alias Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19. Pemerintah jangan terburu-buru melaksakannya, agar tidak menimbulkan kegaduhan.

Demikian disampaikan Ketua DPR Puan Maharani. “Jangan sampai teknis protokolnya disiapkan secara terburu-buru sehingga tidak matang dan malah memunculkan kebingungan baru di masyarakat,” ucap Puan, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (28/5).

Baca juga : Jangan Dikotomikan Perlu Tidaknya Peran TNI Polri dalam Penerapan New Normal

Puan menerangkan, protokol kenormalan baru tentu akan berbeda-beda untuk setiap jenis kegiatan atau lokasi. Tidak boleh dipukul rata. Karena itu, harus disusun secara rinci sesuai karakter masing-masing. “Contohnya protokol di pasar, pusat perbelanjaan, sekolah, tempat kerja, atau tempat umum lainnya, akan memiliki variasinya masing-masing,” tuturnya.

Ketua DPP PDIP ini menerangkan, WHO telah menyusun beberapa pertimbangan bagi negara-negara sebelum menerapkan kehidupan normal baru. Seperti kemampuan untuk mengendalikan transmisi virus Corona; kemampuan rumah sakit untuk menguji, mengisolasi, serta menangani tiap kasus; dan melacak tiap kontak.

Baca juga : Puan: Atur Protokol New Normal Secara Komprehensif

Puan juga berpesan, agar kajian-kajian ilmiah sebelum penerapan kenormalan baru dilakukan secara mendalam sebagai acuan pengambilan kebijakan. Transparansi data juga menjadi penting. Sebab, pemerintah perlu menjelaskan kepada rakyat saat ini posisi Indonesia tepatnya ada di mana dalam kurva pandemi Covid-19, serta bagaimana prediksi perkembangannya ke depan. “Sehingga rakyat mengetahui jelas mengapa disusun protokol kenormalan baru.”

Dia mengingatkan, dalam protokol kenormalan baru, harus ada skenario dan simulasi apa yang harus segera dilakukan jika tiba-tiba ada gelombang baru penyebaran virus corona. “Harus benar-benar lengkap rincian antisipasi dan langkah-langkahnya. Termasuk pihak mana saja yang bertanggung jawab atas setiap tindakan,” ucapnya.

Baca juga : Pemerintah Pusat dan Pemda Harus Persiapkan Matang Pelaksanaan New Normal

Tak lupa Puan juga mengingatkan soal kedisiplinan. “Kesemuanya nanti harus dilakukan secara disiplin. Baik dari aparat pemerintah yang mengawasi, maupun juga disiplin dari warga,” tutupnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.