Dewan Pers

Dark/Light Mode

Wakil Banggar Muhidin Optimis Ekonomi Kuartal III Bakal Bangkit

Kamis, 6 Agustus 2020 12:00 WIB
Wakil Ketua Banggar DPR, Muhidin Mohamad Said
Wakil Ketua Banggar DPR, Muhidin Mohamad Said

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Banggar DPR, Muhidin Mohamad Said optimis penyerapan atau realisasi anggaran penanganan Covid-19 sebesar Rp 625 triliun akan maksimal dan tepat sasaran. 

Dengan begitu, pemulihan ekonomi Indonesia akan lebih cepat dibandingkan negara lain.

“Saya melihat penyerapan anggaran Covid-19 sudah baik, seperti bantuan sosial. Penerimaannya sudah merata. Di sektor kesehatan. Tidak ada lagi yang kekurangan alat rapid tes, alat pelidung diri (APD), insentif tenaga kesehatan sudah diberikan, tidak ada lagi pasien yang ditelantarkan akibat RS penuh dan lainnya. Begitu juga di sektor industri, dan UMKM,” kata Muhidin kepada Rakyat Merdeka, Kamis (6/08).

Berita Terkait : Politisi Senayan Desak Pemerintah Percepat Pemerataan Listrik

Politisi senior Golkar ini meyakini Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dipimpin Airlangga Hartarto bisa memulihkan perekonomian nasional lebih cepat dibandingkan negara lain. 

“Secara bertahap, program kerja Komite Covid dan PEN sudah berjalan dan sudah dirasakan oleh pelaku industri. Dan Negara kita ini masih lebih baik dibandingkan dengan  kondisi negara lain. Artinya, kita masih kuat menahan terjadinya resesi ekonomi,” tegasnya.

Muhidin yang juga anggota Komisi Keuangan ini meyakini laju pertumbuhan ekonomi akan membaik di kuartal tiga tahun ini. 

Berita Terkait : DPR: Salah Alokasi Bisa Bikin Perbankan Guncang

“Di kuartal dua kita kembali minus 52,3%. Namun di kuartal tiga, saya optimis dengan kerja keras Komite PEN yang didukung dengan regulasi yang kuat, ekonomi Indonesia akan kembali bangkit di kuartal tiga,” kata Muhidin.

Disinggung soal kekecewaan Presiden Jokowi terhadap kabinetnya karena lambat merealisasikan anggaran penanganan Covid-19, menurutnya, itu bukan kecewa. 

Tapi ia melihat, sikap presiden itu lebih kepada memberikan dorongan dan semangat kepada menterinya agar lebih cepat lagi dalam merealisasikan anggaran tersebut.

Berita Terkait : Wakil Ketua Komisi I DPR Minta Pemerintah Gercep Bantu WNI Terdampak, dan Dorong Investigasi Menyeluruh

“Sebagai kepala negara, Jokowi wajib memberikan dorongan dan semangat kepada kabinetnya agar lebih cepat lagi merealisasikan anggarannya. Sehingga pemulihan ekonomi bisa lebih cepat lagi,” tandasnya. [FIK]