Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Divaksin Duluan Bareng Keluarga

Anggota DPR, Songong!

Sabtu, 27 Februari 2021 07:38 WIB
Disuntik vaksin/Ilustrasi (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Disuntik vaksin/Ilustrasi (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Diam-diam, DPR sudah menggelar vaksinasi Covid-19. Selain menyasar para anggota Dewan, vaksin itu juga diberikan kepada anggota keluarga mereka. Padahal, mereka bukan prioritas sasaran vaksin Covid-19. Duh, kok DPR songong banget ya...

Vaksinasi untuk anggota DPR serta keluarga digelar tertutup di Kompleks Parlemen. Pihak Sekjen DPR tidak mengumumkan pelaksanaan vaksinasi ini. Para wartawan yang ngepos di Senayan juga tidak dikasih tahu. Vaksinasi itu baru terungkap setelah muncul video yang diunggah anggota DPR dari Fraksi PKB, Abdul Kadir Karding, melalui akun Instagram pribadinya, @abdulkadirkarding, Kamis (25/2). Wartawan kemudian mencoba mencari tahu di mana vaksinasi untuk anggota DPR itu digelar.

Setelah ditelusuri, vaksinasi itu digelar di lantai bawah Gedung Kura-Kura. Awalnya, wartawan dapat memasuki lokasi vaksinasi yang sempat tanpa penjagaan di pintu masuk. Namun, proses vaksinasi digelar tertutup. Wartawan yang sempat masuk ke lokasi vaksinasi diminta tak membuat berita oleh pihak Kesetjenan DPR. Foto-foto proses vaksinasi anggota DPR yang telah diambil wartawan diminta dihapus.

Baca juga : Tersangka Korupsi Divaksin Duluan, Warganet Ngamuk

Vaksinasi ini sudah digelar sejak Kamis (25/2). Target vaksinasi mencapai 12.000 orang. Mulai dari anggota Dewan, keluarga anggota Dewan, para pejabat Sekjen DPR, para PNS, dan para staf. Vaksinasi ditargetkan selesai selama pekan. 

Karding membenarkan, dia bersama istri dan anaknya menjalani vaksinasi di DPR. Karding menjelaskan, vaksinasi untuk anggota Fraksi PKB DPR dijadwalkan Kamis. "Itu (program vaksinasi) dari DPR. Di DPR itu khusus anggota sama anak-istri. Tadi jatahnya PKB sama Gerindra. Kemarin kayaknya sudah dibagi," kata Karding, saat dikonfirmasi wartawan, kemarin.

Wartawan yang sempat masuk ke lokasi vaksinasi dipanggil pihak Sekjen DPR dan diminta menandatangani berita acara pemeriksaan (BAP). KTP wartawan juga difotokopi.

Baca juga : Dua Wanita Dandan Mirip Nenek-nenek

Meski kondisi begini, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad membantah vaksinasi Covid-19 terhadap anggota DPR dan keluarga dilakukan secara tertutup. Ketua Harian Partai Gerindra itu mengaku sudah mendapatkan jadwal pemberian vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan prosesnya dilakukan secara terbuka.

"Tidak benar vaksinasi ini dilakukan tertutup. Tidak ada yang ditutupi, karena vaksinasi ini adalah program Pemerintah," kata Dasco, kemarin.

Dasco menerangkan, vaksinasi tersebut juga dilakukan terhadap staf pendukung di lingkungan DPR. Termasuk pihak keamanan dan petugas kebersihan. "Karena DPR ini sudah masuk area merah. Banyak petugas keamanan dan pegawai yang terpapar Covid-19," katanya.

Baca juga : Daripada Hukuman Mati, Anggota DPR Ini Minta Koruptor Dimiskinkan

Sekjen DPR Indra Iskandar mengakui, dalam vaksinasi itu tidak boleh ada foto-foto atau perekaman. Namun, dia mengelak bila vaksinasi di DPR dilakukan tertutup. Menurutnya, vaksinasi itu dilakukan dengan protokol kesehatan (prokes) ketat. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.