Dark/Light Mode

Diungkap Trimedya Panjaitan

Pemerintah Sudah Kerja Keras Tangani Covid-19

Kamis, 29 Juli 2021 06:50 WIB
Anggota DPR Fraksi PDIP Trimedya Panjaitan. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota DPR Fraksi PDIP Trimedya Panjaitan. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
“Sehingga pelaksanaan program vaksinasi terlambat karena untuk mendapatkan vaksin, kita harus berebutan dengan negara lain,” bebernya.

Kendala lain dalam penanganan Covid adalah kurangnya jumlah tenaga kesehatan (nakes), baik itu dokter atau perawat.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelumnya sudah menyebutkan kendala itu. “Saat ini pemerintah sedang mencari cara untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan tersebut,” terangnya.

Baca juga : Jangan Takut Kehabisan Ya, Pemerintah Sukses Amankan 440 Juta Vaksin

Meski begitu, di tengah kesuli­tan akibat pandemi ini, Trimedya mengingatkan, masih ada yang bisa disyukuri. Yakni, kondisi perekonomian secara nasional masih kuat walau pertumbu­hannya melambat. Kurs dolar AS selama sepekan ini, misalnya, stabil di kisaran angka 14.500.

Di sisi ekonomi, pemerintah telah mengambil berbagai kebijakan extraordinary (luar biasa) untuk mengatasi dampak sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Di antaranya, realokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang diarahkan sepenuhnya untuk keperluan tersebut. Termasuk, memberikan bantuan bagi masyarakat terdampak pandemi.

Baca juga : Puan Cemas

Trimedya juga meminta masyarakat menggenjot kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan dan mendukung program vaksinasi Covid-19.

“Kita harus bahu membahu, bersama-sama, membantu dan mendukung pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid- 19,” imbau Trimedya.

Setiap orang, bisa memulai dari lingkungan paling kecil, yaitu keluarga sendiri, dengan mengikuti vaksin Covid-19 yang diikuti dengan tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes) dalam pencegahan Covid-19.

Baca juga : Tangani Pandemi, PBNU Dukung Pemerintah Dahulukan Keselamatan Jiwa

Selanjutnya, orang itu bisa mengajak dan mengingatkan saudara, sahabat, teman, handai taulan, kenalan, dan lingkungan yang lebih luas lagi. “Dengan upaya bersama-sama ini semoga pandemi Covid-19 bisa segera teratasi,” tandasnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.