Dewan Pers

Dark/Light Mode

DPR Tagih Janji Jaksa Agung

Usut Pencucian Emas Ilegal Di Bea Cukai

Minggu, 1 Agustus 2021 10:17 WIB
Anggota Komisi III DPR Santoso (Foto: Istimewa)
Anggota Komisi III DPR Santoso (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Hukum DPR menagih janji Kejaksaan Agung untuk mengusut tuntas kasus impor emas ilegal yang diduga merugikan negara triliunan rupiah. Pengusutan ini penting, mengingat kasus ini bikin publik penasaran lantaran nilai importasenya terbilang fantastik namun tidak tercatat negara. 

Anggota Komisi III DPR Santoso mengatakan, skandal impor emas ini pernah menjadi bahasan alot saat Rapat Kerja bersama Jaksa Agung Burhanuddin pertengahan bulan lalu. Skandal ini kemudian menyita perhatian publik setelah mendapat pemberitaan yang cukup masif dari media massa. 

Berita Terkait : RI Targetkan Penurunan Emisi Energi Hingga 398 Juta Ton

Kejaksaan Agung kini tengah menyelidiki kasus ini atas desakan Komisi III DPR dalam rapat tersebut. “Kejaksaan Agung sedang menyelidiki kasus ini. Publik pasti menunggu hasilnya akan seperti apa?” kata Santoso, di Jakarta, kemarin. 

Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta ini meminta Jaksa untuk transparan dan cepat dalam menangani kasus impor emas ilegal ini. Apalagi, impor emas ini nilainya sangat fantastik, Rp 42 triliun lebih. 

Berita Terkait : Pakai Jasa Debt Collector, Perusahaan Pembiayaan Bakal Kena Sanksi OJK Bakal

“Jika memang ada unsur pidananya, segera proses. Juga jika tak memenuhi unsur, segera umumkan. Supaya tak menimbulkan syakwasangka,” tegas Santoso. 

Apalagi saat ini, lanjut dia, negara sedang menghadapi kesulitan akibat pandemi Covid-19 yang belum berkesudahan. Dia tidak ingin, dugaan kasus impor emas ilegal ini hilang karena negara fokus menuntaskan pandemi yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China ini. 
 Selanjutnya