Dark/Light Mode

Pandemi Bikin Dunia Tidak Baik-Baik Saja

Krisis Pangan & Kemanusiaan Jangan Sampai Melanda NKRI

Rabu, 18 Agustus 2021 07:11 WIB
Anggota Komisi III DPR Hinca Pandjaitan. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi III DPR Hinca Pandjaitan. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
Sebagai wakil rakyat di parlemen, Hinca mengaku telah mencanangkan beberapa program ketahanan pangan yang dimulai dari beberapa wilayah di daerah pemilihannya, Sumatera Utara III.

Dia memastikan, program ketahanan pangan itu tetap memperhatikan pemberdayaan masyarakat di tengah pandemi.

“Di Simalungun misalnya, saya mencoba memberdayakan 200-an ibu-ibu rumah tangga untuk turut beraktivitas membudidayakan bawang merah melalui program Kawan Hinca. Serta kegiatan lainnya yang saya canangkan secara perlahan-lahan,” tambah dia.

Baca juga : Pandemi Covid-19 Bukan Hambatan Perusahaan Lakukan Program CSR

Terpisah, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bilang, pemerintah terus memacu produktivitas pertanian melalui kegiatan ekspor.

Presiden Jokowi belum lama ini melepas ekspor komoditas pertanian ke berbagai belahan dunia. Kegiatan Merdeka Ekspor ini nilainya mencapai Rp 7 triliun dan dilepas dari 17 bandara dan pelabuhan utama, sejak Sabtu (14/8).

Bagi Syahrul, Merdeka Ekspor merupakan ekspos kinerja Kementerian Pertanian selama 2 tahun. Khususnya di masa pandemi, sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-76.

Baca juga : Warga Usul Penyekatan Jalan Di DKI Diperluas

“Perayaan kemerdekaan adalah perayaan sebuah kebanggaan anak bangsa. Kebetulan hari ini kita yang menjalankan amanah sebagai gubernur, bupati dan ini keterpanggilan kita di tengah suasana dunia, nasional yang tengah menghadapi sebuah turbulensi yang luar biasa, yaitu Covid-19,” papar Syahrul.

Syahrul mengatakan, perhelatan Merdeka Ekspor ini bukan seperti kegiatan ekspor yang biasa dilakukan secara rutin. Ekspor yang dilakukan adalah ekspor yang akan menyentuh harkat dan martabat sebagai anak bangsa. Menyoal psikologi nasionalisme kita, sekaligus menjadi bagian untuk menghadirkan optimisme bangsa besar Indonesia di dalam menghadapi turbulensi dunia.

Berdasarkan data BPS, nilai ekspor pertanian tahun 2020 mencapai Rp 451,8 triliun atau meningkat 15,54 persen dibandingkan periode sama tahun 2019 yang hanya mencapai Rp 390,16 triliun. Ada pun struktur produk ekspor masing-masing adalah 89 persen hasil olahan dan 11 persen berupa produk segar. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.