Dark/Light Mode

DPR Anggarkan Rp 2 Miliar

Malu Dong, Beli Vitamin Kok Pakai Duit Rakyat

Kamis, 2 September 2021 08:15 WIB
Ilustrasi gedung DPR RI. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi gedung DPR RI. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Apa tanggapan anggota DPR? Anggota DPR dari Fraksi PKS, Mardani Ali Sera mengaku, tidak tahu menahu soal proyek pengadaan multivitamin tersebut. “Belum dapat info,” jawabnya singkat.

Anggota DPR dari Fraksi PKB, Daniel Johan malah kaget ditanya soal anggaran multivitamin ini. Daniel bahkan sudah mengkonfirmasi langsung ke Sekjen DPR soal kebenaran proyek pengadaan ini.

Baca juga : DPR Anggarkan Duit Rp 2 M Untuk Multivitamin, Buat Siapa Itu Ya?

“Saya belum tau yah, itu vitamin untuk siapa. Indra (Sekjen DPR) ditelepon malah dirijek,” ungkap Daniel.

Sebelum heboh soal multivatimin, DPR juga pernah mendapatkan kritik terkait fasilitas kesehatan. Saat terjadi puncak Corona di bulan Juni-Juli kemarin, ada permintaan dari salah seorang wakil rakyat untuk mendapatkan rumah sakit khusus bagi anggota DPR yang terpapar Corona.

Baca juga : KPU: Pemda Bogor Kudu Nyicil Dana Pilkada 2024

Namun, kemudian usulan itu diluruskan oleh pimpinan DPR. Katanya, usulan itu bersifat personal dan tidak mewakili sikap resmi DPR. Pimpinan fraksi dari anggota itu yang mengusulkan itu juga sudah memberikan klarifikasi.

Setelah fasilitas rumah sakit khusus reda, muncul lagi kebijakan lain yang menuai protes dari masyarakat. Yakni fasilitas hotel bintang 3 di Jakarta, sebagai tempat isolasi bagi wakil rakyat yang menjalani isolasi mandiri. Biaya hotel ini diambil dari anggaran dinas ke luar negeri yang memang tidak terpakai selama pandemi Corona.

Baca juga : Sekjen MPR: Sidang Tahunan Rawat Demokrasi Dan Kedaulatan Rakyat

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus mengaku geleng-geleng kepala dengan kelakuan para wakil rakyat di Senayan. Di saat rakyat lagi kesusahan imbas dari Corona, harusnya wakil rakyat hadir untuk membantu. Bukan malah membebani negara dengan program yang sama sekali tidak diperlukan.

Lucis lantas teringat dengan Tema HUT DPR ke 76 yang berbunyi ‘Hebat Bersama Rakyat’. “Sepertinya multivitamin ini diadakan agar anggota DPR bisa tampil gagah perkasa sehingga tercapailah jargon Hebat Bersama Rakyat,” sindir Lucius kepada Rakyat Merdeka, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.