Dark/Light Mode

Komisi XI: Uji Kelayakan Calon Anggota BPK Profesional, Lewat Mekanisme Politik

Selasa, 7 September 2021 22:58 WIB
Wakil Ketua Komisi XI DPR Achmad Hatari. (Foto: Ist)
Wakil Ketua Komisi XI DPR Achmad Hatari. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Ia menuturkan, alur atau mekanisme dalam seleksi calon anggota BPK. Pertama, diseleksi dan diteliti DPD. Berikutnya, kedua, hasilnya diserahkan kepada Presiden Jokowi. 

Kemudian ketiga, dari Istana Kepresidenan, diserahkan kembali ke Pimpinan DPR untuk selanjutnya diteruskan ke Komisi XI. "Kami baru menerima itu, satu minggu yang lalu," bebernya.

Baca juga : KPK: Rata-Rata Harta Kekayaan Anggota DPR Rp 23 Miliar

Hatari juga mengungkapkan, usai fit and proper test hari kedua, akan langsung ketahuan, siapa yang lolos menjadi Calon Anggota BPK. Pada tahap akhir setelah fit and proper test ini, seluruh anggota Komisi XI akan mengikuti rapat untuk melakukan pemilihan.

"Jadi malamnya sudah ketahuan siapa yang terpilih," sebutnya, seraya menambahkan, proses kali ini adalah rekrutmen pejabat yang profesional dan melalui mekanisme politik di DPR.

Baca juga : Kapolri Berikan 6 Pesan Untuk Mahasiswa Baru President University

Hatari pun memastikan, Komisi XI tidak akan terjebak dengan isu-isu dan tekanan yang dilakukan pihak-pihak tertentu dalam proses uji kelayakan dan kepatutan calon anggota BPK RI.

Selama dua hari fit and proper test besok, dia berharap semua proses berjalan dengan lancar dan tidak lagi ada penundaan.

Baca juga : KPK Jebloskan Eks Anggota DPR Amin Santono Ke Lapas Sukamiskin

"Sehingga dapat segera selesai. Karena waktunya 1 bulan sebelum mengakhiri masa jabatan itu sudah ada penggantinya," tandasnya. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.