Dark/Light Mode

Komisi III DPR Desak Audit Internal Terkait Kerusuhan Lapas Siak

Selasa, 14 Mei 2019 14:37 WIB
Anggota Komisi III DPR Aboebakar Alhabsyi (Foto: Dok. Pribadi)
Anggota Komisi III DPR Aboebakar Alhabsyi (Foto: Dok. Pribadi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi III DPR Aboebakar Alhabsyi menyayangkan insiden yang terjadi di Lapas Siak, Riau, pekan lalu. Menurut Aboe, seharusnya insiden tersebut bisa dicegah dengan menerapkan sistem yang baik di dalam Lapas. 

"Yang sampai saat ini kita dengar, kejadian tersebut disebabkan karena adanya penindakan terhadap napi yang kedapatan menggunakan narkoba," ujar Wakil Ketua Fraksi PKS DPR ini, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (14/5).

Baca juga : Komisi VIII Desak Pemerintah Cepat Keluarkan PP Haji

Menurut Aboe, peredaran narkoba dalam Lapas harus ditindak dengan tegas. Namun, penindakannya tetap harus dilakukan secara prosedural dan dengan proporsional. 

"Saya melihat ini adalah efek bola salju. Sepertinya ini bukan kejadian pertama,  sehingga kejadian kemarin hanya pemicu saja," terangnya.

Baca juga : IPW Desak Satgas Usut Tuntas Kasus Pengaturan Skor

Dalam pandangan pria yang akrab disapa Habib ini, setidaknya ada empat langkah yang harus segera dilakukan Kemenkumham. Pertama, perlu segera dilakukan distribusi para narapidana dari Lapas Siak untuk ditempatkan sementara pada Lapas atau Rutan terdekat.

Kedua, segera dilakukan perbaikan Lapas Siak agar dapat digunakan sebagaimana sediakala. Ketiga, perlu dilakukan audit internal terkait penerapan SOP dalam tata kelola Lapas.

Baca juga : Pegawai Desa Diminta Beralih Gunakan Teknologi Keuangan

"Terakhir, berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk penanganan tidak pidana yang terjadi sepanjang insiden kemarin. Baik yang terkait narkoba, penembakan, ataupun perusakan," pungkasnya.  [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.