Dark/Light Mode

Trans Sumatera Digeber Lagi

HK, Jangan Cuma Andalin PMN

Senin, 13 September 2021 07:05 WIB
Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
“Kemarin kan sukses itu, dapat pujian luar biasa. Apakah pada Tahun 2023 tidak dipikirkan pendanaan lain mengingat kondisi keuangan saat itu juga berat. Nah ini yang menjadi salah satu tugas juga,” tambah dia.

Sementara itu, Direktur Utama PTHK Pesero Budi Harto menjelaskan, pihaknya mendapatkan penugasan untuk melakukan pengusahaan jalan tol Trans Sumatera. Sejauh ini telah dikerjakan 531 kilometer jalan tol di Sumatera mulai dari Bakeuheni sampai Kayu Agung, Palembang-Indragiri, Pekanbaru-Dumai, Medan-Binjai dan sebagian di Aceh. “Dengan total investasi sebesar Rp 65,63 triliun,” jelasnya.

Baca juga : Transformasi Digital UMKM, Tingkatkan Ekonomi Indonesia

Saat ini, lanjut dia, pihaknya juga tengah membangun 8 ruas tol yaitu Sigli-Banda Aceh, Kisaran-Indrapura, Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, Indraraya-Muara Enim, Sicincin-Padang, Pekanbaru-Pangkalan, Taba Penanjung-Bengkulu, dan Binjai-Pangkalan Brandan, seluas 533 km. Sehingga Tahun 2023 seluruhnya ini akan selesai dan bisa dioperasikan sepanjang 1.064 kilometer dengan total investasi Rp 152 triliun.

Sementara untuk kebutuhan pendanaan ruas yang sudah mulai berjalan, sambung Budi, pihaknya sudah menerima PMN sebesar 27,1 triliun. Dana ini belum termasuk PMN Tahun 2021 yang cair pekan kemarin sebesar Rp 6,2 triliun.

Baca juga : Siap Hadang Persela Di Liga 1, PSIS Semarang Rotasi Pemain

“Kemudian pinjaman sebesar 42,3 triliun dan ada ekuitas partner dari Waskita Karya Rp 106 miliar. Jadi ketersediaan dana untuk investasi yang saat ini ada Rp 69,54 triliun dan kekurangannya adalah Rp 66,6 triliun,” jelasnya.

Sebelumnya, pemerintah akan menambah suntikan dana sebesar Rp 19 triliun untuk PTHutama Karya (Persero) akhir tahun ini. Dana diberikan da­lam bentuk PMN. “Pemerintah juga telah melakukan tambahan PMN, sedang berproses Rp 19 triliun akhir 2021,” ungkap Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo.

Baca juga : Kematian Naik 638, Jateng Dan Jatim Mendominasi

Kartika mengatakan, tambahan PMN untuk HK akan digunakan untuk mempercepat penyelesaian sejumlah proyek ruas Tol Trans Sumatera. Beberapa ruas yang dimaksud, seperti Medan-Binjai, Binjai-Langsa, Pekanbaru-Dumai, dan Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.