Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kerusuhan Yahukimo Tewaskan 6 Orang, PPP Minta Aparat Tangkap Pelakunya

Senin, 4 Oktober 2021 13:20 WIB
Sekretaris Fraksi PPP DPR, Achmad Baidowi. (Foto: ist)
Sekretaris Fraksi PPP DPR, Achmad Baidowi. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Fraksi PPP DPR, Achmad Baidowi menyoroti kerusuhan di Distrik Dekai Yahukimo Papua yang menewaskan sedikitnya enam korban jiwa, Minggu (3/10). Dia mengatakan, peristiwa ini perlu mendapatkan perhatian lebih dari aparat penegak hukum.

Apalagi kerusuhan ini berpotensi ditunggangi oleh teroris Papua yang ingin merongrong Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Dalam menangani kasus ini, aparat hukum dan keamanan juga perlu memperhatikan hal-hal sensitif agar kerusuhan tidak meluas mengingat kerusuhan pada awalnya terjadi di rumah ibadah dan dilakukan oleh kelompok tertentu," kata Awiek, sapaan akrab Baidhowi, Senin (4/10). 

Baca juga : KPK Disaranin Buat Kotak Pengaduan

Dia berharap, aparat penegak hukum menuntaskan kasus ini hingga akar-akarnya, tapi dengan penuh kehati-hatian. "Tetap harus kedepankan proses hukum yang adil sehingga tidak memperluas kerusuhan pada isu SARA yang berpotensi semakin dimanfaatkan oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan kelompok separatis lainnya," ujarnya. 

Dia juga meminta, kepada aparat penegak hukum perlu menangkap aktor intelektual di balik kerusuhan Yahukimo ini. "Luruskan semua berita bohong atau hoaks yang sengaja dimanfaatkan kelompok tertentu untuk menyulut permusuhan dan kebencian yang diduga membuat kerusuhan ini terjadi," ungkap dia. 

Baca juga : PK Tetapkan 10 Anggota DPRD Muara Enim Tersangka Suap Proyek

Menurut Anggota Komisi VI DPR itu, aparat penegak hukum dan keamanan harus bisa memberikan jaminan keamanan kepada semua warga di Distrik Dekai, agar tidak lagi ada korban berjatuhan. Tindakan tegas perlu diperlihatkan agar oknum-oknum yang sengaja menyulut kerusuhan dan mengambil keuntungan dari kondisi ini.  

"Saat ini di tanah Papua sedang digelar PON XX. Jangan sampai kasus di Yahukimo mengganggu perhelatan olahraga nasional tersebut dan menciderai semangat sportifitas para atlet yang berjuang untuk meraih prestasi," jelasnya. 

Baca juga : Orang Miskin Ditarget Nol Persen Pada 2024

Sebelumnya, kericuhan antara kelompok masyarakat suku yali dan suku kimyal di Yahukimo, Papua, menewaskan 6 orang dan 41 orang terluka. Awal kericuhan itu diduga dipicu dari kematian mantan Bupati Yahukimo Abock Basup. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.