Dewan Pers

Dark/Light Mode

Raih The Rising Star of Democracy

Syarief: Ini Bukti Demokrat Merawat Demokrasi Rakyat

Rabu, 27 Oktober 2021 23:24 WIB
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. (Foto: Ist)
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Syarief Hasan menyampaikan apresiasi dan berterima kasih atas penghargaan sebagai The Rising Star of Democracy oleh Majalah Teropong Senayan pada penyelenggaraan Teropong Democracy Award secara virtual Rabu (27/10).

Penghargaan ini adalah kegiatan berkala yang dilakukan Teropong Senayan dalam menilai politisi yang berhasil memperjuangkan demokrasi. The rising star of democracy diberikan kepada politisi yang vokal, kritis, dan aspiratif dalam memperjuangkan rakyat melalui berbagai forum dan kegiatan.

Berita Terkait : Bukti Nyata Demokrat Koalisi Dengan Rakyat

"Saya mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini. Hal yang penting karena memang sudah seharusnya parlemen menjadi corong rakyat yang senantiasa menjalankan fungsinya selaku wakil rakyat. Ini juga patut dilihat sebagai bentuk komitmen parlemen sebagai rumah rakyat, tempat rakyat berkeluh kesal dan menumpahkan cerita hidupnya. Komitmen demokratik inilah yang menjadi landasan anggota parlemen bekerja memperjuangkan aspirasi," ungkap politisi senior Partai Demokrat ini.

Lebih lanjut Menteri Koperasi dan UKM di era Presiden SBY ini berpandangan demokrasi adalah muara dari segala bentuk penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal yang telah tegas tertulis dalam Pasal 1 ayat (2) UUD 1945 bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-undang Dasar.

Berita Terkait : Raih Priyadarshni Academy Dari Pemerintah India, Bukti Airlangga Menteri Andalan Jokowi

Ini berarti demokrasi dan konstitusionalisme seiring sejalan, saling menguatkan. Semakin demokratis sebuah negara, maka semakin konstitusional negara tersebut. Karena itu, berbagai upaya perongrongan demokrasi adalah langkah nyata untuk memperlemah konstitusionalisme.

"Saya termasuk yang sangat konsen dan vokal dalam mengarusutamakan demokrasi dalam setiap segi penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini yang tegas-tegas diperjuangkan oleh Partai Demokrat dalam setiap kesempatan," sebutnya.

Berita Terkait : Syarief Hasan: Perayaan HUT Demokrat Kubu Moeldoko Rusak Etika Demokrasi

Bagi Syarief, memperjuangkan demokrasi adalah memperjuangkan manifesto partai. Partai Demokrat paling konsisten dalam memperjuangkan aspirasi rakyat. Jika ada kebijakan pemerintah yang tidak prorakyat, Partai Demokrat adalah yang terdepan dalam memberi masukan kepada pemerintah.

"Saya mempersembahkan penghargaan ini untuk masyarakat di Cianjur dan Kota Bogor, Faksi Demokra  dan Partai Demokrat yang telah memberikan ruang aktualisasi dan kreasi untuk berjuang demi rakyat," kata Syarief.
 Selanjutnya