Dark/Light Mode

Sukses Emban Tugas Menhan

Prabowo Dinilai Pantas Gantikan Presiden Jokowi

Minggu, 6 Maret 2022 08:37 WIB
Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto. (Foto: Antara)
Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, LSN merilis survei untuk membaca respons masyarakat terkait bursa Capres 2024. Di survei nama-nama tokoh yang mampu meneruskan kepemimpinan Presiden Jokowi di periode selanjutnya. Hasilnya, nama Prabowo berada di puncak.

Di tiga besar, Prabowo berada di peringkat pertama dengan 21,9 persen, kemudian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 19,2 persen, Gubernur Jawa Timur Ganjar Pranowo (18,8 persen), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (8,7 persen).

Baca juga : Zona Larangan Terbang Tak Diterapkan, Presiden Ukraina Kutuk NATO

Selanjutnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil denganangka 7,5 persen, Basuki Tjahja Purnama (3,9 persen), Menteri BUMN Erick Thohir (2,8 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (2,6 persen), KSP Moeldoko (2,5 persen), Gatot Nurmantyo (1,9 persen), dan Mahfud MD (0,9 persen).

“Saat kepada responden ditanyakan siapa sosok yang layak menggantikan Jokowi untuk menjadi Presiden RI 2024-2029, ini pertanyaan tertutup, maka hasilnya 21,9 persen responden menyebut nama Prabowo Subianto,” ujar Direktur Eksekutif LSN,Gema Nusantara Bakry, saat konfrensi pers secara daring, kemarin.

Baca juga : Survei LSN: Prabowo Paling Disukai Dan Cocok Jadi Presiden 2024

Selanjutnya, Gema juga menggunakan variabel lain untuk membaca persepsi publik terkait dengan nama-nama tokoh yang mampu meneruskan kepemimpinan Presiden Jokowi. Prabowo, dinilai memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan tokoh-tokoh lain.

Hasilnya, Prabowo Subianto 57,1 persen, Ganjar Pranowo 50,3 persen, Anies Baswedan 46,6 persen, Sandiaga Uno 46,5 persen, Ridwan Kamil 45,1 persen, Basuki Tjahaja Purnama 35,1 persen, Erick Thohir 28,6 persen, Moeldoko 18,3 persen, dan AHY 17,4 persen.

Baca juga : Pertamina Pastikan Pasokan BBM Dan LPG Aman

“Data di atas menunjukkan bahwa lima tokoh yang paling populer dan paling disukai juga dipersepsikan publik memiliki kemampuan untuk membuat Indonesia berubah ke arah lebih baik,” terangnya. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.