Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ditentang Elemen Mahasiswa

PMI Disebut Partai Siluman

Kamis, 28 April 2022 08:00 WIB
Kantor Partai Mahasiswa Indonesia (PMI) di Jalan Cikini Raya Nomor 60 Blok 60i, Cikini, Menteng,Jakarta Pusat. (Foto: Faqih/RM.id)
Kantor Partai Mahasiswa Indonesia (PMI) di Jalan Cikini Raya Nomor 60 Blok 60i, Cikini, Menteng,Jakarta Pusat. (Foto: Faqih/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemunculan Partai Mahasiswa Indonesia (PMI) sedang menjadi sorotan sejak diungkapkan Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad tentang kontestan Pemilu 2024.

Berdasarkan Surat Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Kamis (17/2), PMI merupakan salah satu dari 75 partai politik (parpol) yang resmi terdaftar. Partai ini tercantum di nomor 69 dalam surat Penyampaian Data Partai Politik yang Telah Berbadan Hukum berkop Kemenkumham, Nomor M.HH-AH.11.04-19.

Setelah ditelusuri, PMI merupakan perubahan dari Partai Kristen Indonesia (Parkindo) 1945. Partai ini memiliki lambang berbentuk lingkaran yang didominasi warna merah. Ada gambar topi dan toga hitam dengan sayap putih pada sisi tengah topi. Di bagian bawahnya, terdapat tulisan Partai Mahasiswa Indonesia dengan huruf kapital putih.

Baca juga : Kementerian BUMN Dan Kementan Lakukan Pembenahan Bibit Pertanian

Berdasar data yang beredar, Ketua Umum PMI bernama Eko Pratama. Sekretaris Jenderalnya Mohammad Al Hafiz dengan Bendahara Umum Muhammad Akmal Mauludin.

Namun, keberadaan kantor PMI malah simpang siur. Dalam dokumen Data Partai Politik yang telah Berbadan Hukum, alamat PMI ada di Jalan Duren Tiga Raya Nomor 19D, Pancoran, Jakarta Selatan. Sama dengan alamat Partai Pandu Bangsa.

Dalam wawancara dengan media, Ketua Umum PMI, Eko Pratama menjelaskan, ada kesalahan pencantuman alamat. Mestinya, Kantor PMI berada di Jalan Cikini Raya Nomor 60 Blok 60i, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

Baca juga : Tim Kementan Keliling Pasar Di Aceh Pantau Stabilitas Pangan

Eko mengaku sudah mengirimkan alamat kantor partai di Cikini ke Kemenkumham, namun Kemenkumham menginput tidak sesuai yang disetor. “Sepertinya memang ada kekeliruan saat penginputan datanya. Kami meminta maaf kepada pihak Partai Pandu Bangsa,” kata Eko yang juga Koordinator Pusat BEM Nusantara ini.

Berdasarkan pantauan Rakyat Merdeka, kantor PMI di Cikini juga belum nampak tanda-tanda layaknya sebuah kantor partai. Kantornya berupa ruko berlantai empat, masuk dalam kompleks ruko dan pertokoan tak jauh dari Taman Ismail Marzuki.

Di pintu gedung lantai bawah, ada label perusahaan yang mengisi gedung. Ada Law Office SS & Partners Advocate & Legal Consultant, PT Matayu Jelajah Khatulistiwa, dan Wise Steps Travel. Namun, tak ada logo partai apapun di gedung pertokoan bercat putih kusam ini.

Baca juga : Fadel Muhammad Minta Mahasiswa Lebih Kritis Tanggapi Kondisi Bangsa

Pintu paling bawah tertutup rapat. Nampak tanda dilarang parkir di depannya. Namun tak ada satu kendaraan pun yang parkir di sama. Ada mobil SUV putih. Itu pun tamu yang parkir di sebelahnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.