Dark/Light Mode

Airlangga Juga Tak Kalah Jago

KIB Belum Tentu Kasih Tiket Gratisan Ke Ganjar

Selasa, 7 Juni 2022 07:59 WIB
Dari kiri: Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (Foto: Istimewa)
Dari kiri: Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat (Jabar) ini menyebut, bosnya itu tidak kalah dengan figur capres lainnya. Jika dibandingkan berdasarkan kapabilitasnya, Ace beranggapan, Airlangga boleh jadi yang teratas dibanding nama-nama keren lainnya.

"Dari segi kompetensinya, dari segi kapasitas teknokrasinya, dari segi pengalamannya, tidak ada alasan buat kita untuk tidak memperjuangkan beliau menjadi presiden Republik Indonesia," tegas Ace.

Baca juga : Buka Peluang Capres Nonparpol

Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menilai ada 2 kemungkinan arah dukungan KIB. Tergantung, KIB ini sebetulnya bentukan siapa.

"Kelihatannya, KIB kalau koalisinya murni maka mestinya capres yang diusung Airlangga. Karena Golkar selama ini ingin mencapreskan Airlangga. Tapi, kalau koalisi itu bentukan Istana, ini tiket gratis untuk Ganjar," kata Ujang, tadi malam.

Baca juga : Finlandia Mau Gabung NATO, Putin Kasih Peringatan

Ia berkekayinan, KIB akan rasional dalam memilih orang yang akan didukung sebagai Capres. Termasuk memperhitungkan seberapa besar elektabilitasnya. "Kehadiran Projo itu untuk mengawinkan Airlangga dengan Ganjar. Karena mungkin kelihatannya Istana maunya Ganjar-Erick. Tapi, koalisi enggak mau kalau semu dari eksternal, tapi harus ada juga dari internalnya (KIB)," pungkasnya.

Direktur Eksekutif Paramter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, dalam KIB, Golkar akan tampil paling dominan. Selain perolehan suaranya yang lebih besar, Golkar relatif paling diterima oleh banyak partai “Inilah kelebihan Golkar dibandingkan partai lain,” ucap pengamat politik dan peneliti LIPI tersebut.

Baca juga : Ini Langkah Cepat Kementan Atasi Penyakit Mulut Dan Kuku

Karena terkesan menjadi leader, maka peluang Airlangga untuk diusung KIB, sangat terbuka. Selain itu posisi Golkar dan Airlangga yang sangat konsisten dalam mendukung pemerintahan Jokowi juga menjadi kelebihan lainnya.

“Golkar dan Airlangga tidak pernah cacat di mata Jokowi, karena terbukti semua kebijakan Jokowi terus didukung dan diakomodir dengan baik oleh Golkar dan Airlangga,” terang Adi.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.