Dark/Light Mode

Dilobi 3 Ketum Partai

Paloh Separuh Dewa

Selasa, 23 Juli 2019 07:59 WIB
(dari kiri) Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa, gandengan tangan usai melakukan pertemuan di DPP Nasdem, Jakarta, Senin(22/7).(Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka).
(dari kiri) Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa, gandengan tangan usai melakukan pertemuan di DPP Nasdem, Jakarta, Senin(22/7).(Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemarin, Surya Paloh didatangi tiga ketum parpol pedukung Jokowi. Awalnya, mereka datang hanya untuk mengucapkan selamat ulang tahun ke Ketum NasDem ini. Namun, kemudian ada pembicaraan serius.

Para pengamat menduga mereka melobi Paloh untuk pembagian jatah kursi. Paloh dianggap punya pengaruh besar karena sudah seperti “separuh dewa”.

Tiga ketum parpol itu mendatangi Paloh di Gedung DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat. Mereka adalah Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, dan Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa.

Yang pertama datang adalah Muhaimin Iskandar. Politisi yang akrab disapa Cak Imin ini datang menjelang siang. Dia kemudian diketahui keluar dari Kantor DPP NasDem pukul 12.51 WIB.

Baca juga : Masinton: Kekuatan Oposisi Penting bagi Negara Demokrasi

Cak Imin menghadap Paloh dengan koko biru dongker, mirip warna khas NasDem. Ke wartawan, Imin mengaku hanya bersilaturahmi. Tidak ada pembicaraan berat-berat.

“Saya cuma ucapin selamat ultah buat Pak Surya. Saya hanya mengucapkan selamat ulang tahun, meskipun terlambat datang. Ya happy-happy aja. Belum perbincangan serius,” ucapnya.

Imin tak merespons pertanyaan mengenai rencananya maju sebagai calon ketua MPR. Pertemuan tersebut, kata dia, hanya untuk memperkuat soliditas antar sesama partai koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf.

“Mempersolid barisan. Pokoknya mensolidkan barisan dulu. Belum ada rumusan lain,” ucapnya sambil nyengir. Tepat pukul 13.40 WIB, giliran Plt Ketum PPP, Suharso Monoarfa, tiba di Kantor DPP Nasdem. Suharso langsung masuk menemui Paloh.

Baca juga : Kapolri Hingga Ketua DPR Berlebaran di Rumah Megawati

Di dalam dia agak lama. Suharso baru keluar sekitar pukul 3 sore. Sama seperti Imin, Suharso juga mengaku datang untuk mengucapkan selamat ulang tahun.

“Saya ucapkan happy birthday ke Pak Surya Paloh,” ucapnya. Apakah ada pembahasan kursi ketua MPR? “ Ada sedikit-sedikit,” imbuhnya.

Suharso tidak menutup kemungkinan partainya turut mengincar posisi pimpinan di MPR. Meskipun persaingan di dalam koalisi Jokowi-Ma’ruf saja saat ini cukup ketat.

Malamnya, sekitar pukul 18.45 WIB giliran Ketum Golkar, Airlangga Hartarto, memasuki Kantor DPP Nasdem. Sekitar pukul 8 malam, Airlangga ke luar. Namun dia enggan berkomentar. “Nanti aja, saya balik lagi,” elaknya, saat ditanyai wartawan.

Baca juga : Messi Enam Kali Raih Sepatu Emas

Beberapa menit setelah Airlangga keluar, Suharso balik lagi. Dia mengaku dipanggil Paloh untuk kembali. “Ada rundingan lagi kayaknya. Saya dipanggil lagi ini. Ada apa ya?” tuturnya, pura-pura tidak tahu agenda pembicaraan.

Airlangga juga kembali lagi sekitar pukul 9 malam. Kali ini, dia datang bersama Sekjen Golkar, Lodewijk Freidrich; Ketua DPD Golkar DKI, Rizal Mallarangeng, dan politisi senior Golkar, Melchias Marcus Mekeng. Hampir satu jam lagi mereka di dalam. Saat keluar, Airlangga masih enggan bicara banyak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :