Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Incar 20 Kursi DPRD

PKS Banten Kepengen Usung Calon Gubernur

Sabtu, 24 September 2022 07:45 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Provinsi Banten, Gembong R Sumedi. (Foto: PKS Banten).
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Provinsi Banten, Gembong R Sumedi. (Foto: PKS Banten).

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Banten mau mengusung calonnya sendiri, di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Partai Bulan Sabit Kembar Mengapit Padi itu pun menargetkan 20 kursi DPRD.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Provinsi Banten, Gembong R Sumedi mengatakan, pihaknya bertekad meningkatkan perolehan kursi DPRD Provisi Banten di Pileg 2024. Menurut dia, DPW PKS Provinsi Banten ingin meargetkan tambahan sembilan kursi Dewan, agar bisa mengusung calon di Pilkada 2024 nanti. “

Saat ini, PKS memiliki 11 kursi DPRD. Pileg 2024 nanti, kami pasang target 20 kursi. Mudah-mudahan perolehan suara kami banyak, sehingga semakin percaya diri untuk maju ke Pilkada Banten 2024 nanti,” ujar Gembong kepada wartawan, kemarin.

Baca juga : Ketua DPRD DKI Resmi Serahkan Tiga Nama Calon Pj Gubernur Ke Kemendagri

Saat ini, sambung dia, sudah banyak figur yang mencalonkan diri sebagai bakal calon anggota legislatif (caleg) DPRD Provinsi Banten dari partainya. Menurutnya, PKS di Provinsi Banten tumbuh pesat, mendapat banyak simpati masyarakat, karena menolak kenaikan BBM.

“Situasi hari ini, kami sangat diuntungkan. Banyak bakal caleg yang mendaftar, di tahap penjaringan yang sedang kami lakukan. Kami akan mencari caleg-caleg berkualitas, karena bulan Oktober nanti Surat Keputusan (SK) penyaringan sudah keluar dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS,” jelasnya.

Namun, Gembong enggan berbicara panjang saat ditanya soal Pilkada 2024 nanti. Dia hanya berharap, figur yang akan memimpin Banten bisa berkolaborasi dan mampu memberikan solusi. Sebab, Banten memilki banyak potensi, mulai dari letak geografis yang strategis, sumber daya alam, hingga Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni.

Baca juga : Hari Ini DPRD Sampaikan Usulan Pj Gubernur DKI

“Banyaknya potensi di Banten, tinggal dicari atau diimbangi dengan sosok pemimpin yang bisa mengkolaborasikan potensi seluruh potensi yang ada. Kami bisa memberikan solusi di Banten, sesuai dengan tagline PKS kolaborasi dan solusi,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua Bappilu Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Banten, Muhlis mengungkapkan, sebanyak 87 orang telah mendaftarkan diri sebagai bakal caleg DPRD Provinsi Banten dari PDIP. Dari pendaftar itu, caleg terbanyak berasal dari daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Tangerang.

“Kami belum pada tahap verifikasi, baru penjaringan. Kami dibolehkan menjaring sampai 200 persen dari jumlah kursi DPRD Banten, atau sekitar 170 bakal caleg,” ujarnya.

Baca juga : DPRD DKI Tempuh Mekanisme Voting Untuk Tentukan Tiga Nama Calon Penjabat Gubernur

Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Tangerang, Supardi menambahkan, para bakal caleg dari PDIP yang nantinya lolos sebagai caleg, akan diminta untuk all out berjuang meraih simpati rakyat dan suara sebanyak-banyaknya.

“Harus ada penambahan anggota DPRD Provinsi yang terpilih dari (Pemilu) 2019 kemarin. Dapil Banten 5 yang kemarin dapat 2 kursi, nambah jadi 3 kursi. Dapil Banten 6 dari 1 kursi menjadi 2 kursi,” pesan Supardi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.