Dark/Light Mode

Diperebutkan Penghuni KIB

Peluang Politik Kang Emil Lebih Besar Bersama PAN

Senin, 3 Oktober 2022 08:00 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. (Foto: Facebook)
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. (Foto: Facebook)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Kang Emil menyiratkan diri bakal masuk parpol di penghujung tahun ini.

“Hingga saat ini, begitu banyak dinamika yang terjadi dalam perpolitikan nasional menjelang 2024. Ya nanti dikabari. Masih di tahun ini,” ujar Kang Emil, Kamis (29/9).

Baca juga : Pertemuan Airlangga-Puan Buka Peluang Koalisi Pilpres 2024

Pernyataan ini muncul usai bertemu politisi gaek Partai Golkar, Agung Laksono, di suatu tempat, Rabu (28/9). Namun, Agung kala itu hadir bukan dalam posisi kader Beringin. Namun, sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

“Kemarin malam itu bertemu Wantimpres lebih tepatnya, sehingga saya dapat nasihat supaya fokus berprestasi dalam pembangunan. Kalau karier politiknya nanti menyesuaikan dengan prestasi yang ditampilkan,” katanya.

Baca juga : Disebut Patungan Beri Uang Lembur, Togar Keberatan

Pertemuan itu disambut Partai Golkar dan PAN. Dua penghuni Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) ini kepincut menjadikan Kang Emil sebagai kader. Partai Golkar siap menggelar karpet merah atau seremonial seandainya bersedia menjadi kader Beringin.

Dijelaskan dia, Partai Golkar selalu terbuka dengan siapapun. Terlebih Ridwan Kamil, yang dinilainya sangat merakyat. Nurdin menyebut, Golkar wadah tepat untuk mantan Wali Kota Bandung itu.

Baca juga : Pengamat: Kepemimpinan Politik Airlangga Beri Ruang Lebih Besar Untuk Anak Muda

Tawarannya lebih besar datang dari PAN. Kang Emil, dijanjikan semakin mendekati panggung Pilpres 2024, seandainya bersedia bergabung.

“PAN akan menggelar karpet biru jika Kang Emil berkenan bergabung ke PAN. Beliau diprediksi akan dapat menambah kekuatan politik PAN secara nasional, khususnya di provinsi Jawa Barat,” ujar Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.