Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lolos Verifikasi Faktual Tingkat DPP, PBB Yakin Nular Ke DPW Dan DPC

Sabtu, 15 Oktober 2022 22:43 WIB
Ketua Umum (Ketum) PBB Yusril Ihza Mahendra saat verifikasi faktual bersama KPU dan Bawaslu di Markas DPP PBB, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (15/10). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum (Ketum) PBB Yusril Ihza Mahendra saat verifikasi faktual bersama KPU dan Bawaslu di Markas DPP PBB, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (15/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Bulan Bintang (PBB) telah melakoni verifikasi faktual (verfak) tingkat DPP oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sabtu (15/10). Ini, adalah lanjutan setelah dinyatakan lolos verifikasi administrasi sebagai partai calon kontestan di Pemilu 2024.

Ketua Umum (Ketum) PBB Yusril Ihza Mahendra berharap verifikasi faktual dinyatakan lengkap oleh KPU, dan PBB bisa mengikuti Pemilu 2024.

"Mudah-mudahan proses verifikasi faktual DPP PBB berjalan lancar. Sebab, ini sangat penting, jika DPP PBB dinyatakan memenuhi syarat, maka DPW, DPC di kota atau kabupaten bisa lancar," kata Yusril saat hadir di verifikasi faktual di Markas DPP PBB, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (15/10).

Yusril menambahkan, kurang lebih 5 tahun pengurus DPP, DPW, DPC, hingga PAC bekerja keras untuk memperbaiki internal infrastruktur partai.

Baca juga : Jalani Verifikasi Faktual, Hanura Yakin Tembus Ke Senayan

"Alhamdulillah hasil kerja keras ini semoga membuahkan hasil dan verifikasi faktual PBB memenuhi syarat sehingga PBB bisa lolos dan jadi peserta Pemilu 2024," tegasnya.

Komisioner KPU Mochammad Afifuddin mengungkapkan, verifikasi faktual tersebut seperti jumlah pengurus, keterwakilan perempuan, domisili kantor, dan kelengkapan administrasi lainnya.

"Mengenai alamat kantor PBB sudah kami lakukan verifikasi dan sesuai penggunaan kantor tetap, kelengkapan kantor memenuhi syarat, alat komputasi maupun alat kelengkapan administrasi ada," kata Afifuddin di Kantor DPP PBB.

Dia mengatakan, hasil verifikasi keterwakilan perempuan PBB 32,5 persen. Hal ini sudah memenuhi syarat undang-undang pemilu pasal 173 ayat 2. Lanjutnya, PBB juga sudah memenuhi syarat kepengurusan.

Baca juga : Polisi Limpahkan Tersangka Penambangan Ilegal Ke Kejaksaan

"Verifikasi faktual kepengurusan yang memenuhi syarat terdiri atas 3 orang laki-laki di dalamnya ada ketua umum, sekretaris, dan bendahara (KSB) serta 5 perempuan. Di PBB keterwakilan perempuan ada 32,5 persen dan KSB lengkap," jelasnya.

Sementara, Sekjen PBB Afriansyah Noor mengucapkan rasa syukur karena bisa mengantarkan PBB untuk dilakukan verifikasi faktual oleh KPU. Wakil Menteri Ketenagakerjaan ini berharap prosesnya berjalan lancar dan dinyatakan memenuhi syarat verifikasi faktual.

"Alhamdulillah hari ini (Sabtu) PBB sudah dilakukan verifikasi faktual, saya optimistis PBB memenuhi syarat dan lolos sebagai peserta Pemilu 2024," ujarnya.

Ketua DPP PBB Bidang Komunikasi Publik, Randy Bagasyudha menyatakan partainya telah lolos verifikasi faktual tingkat DPP oleh KPU.

Baca juga : Lestari: Repatriasi Prasasti Pucangan Upaya Penanaman Nilai Kebangsaan

"Alhamdulillah verifikasi faktual DPP PBB dinyatakan MS (Memenuhi Syarat). Selanjutnya PBB akan menjalani verifikasi faktual ditingkat propinsi, kabupaten dan kota,'' ujar Randy.

Untuk diketahui, PBB menjalani verifikasi faktual oleh KPU disaksikan Bawaslu. Pengurus DPP PBB dipimpin langsung oleh Ketua Umum Prof. Yusril Ihza Mahendra dan Sekretaris Jenderal Ir. Afriansyah Noor, M. Si.

Dari pihak KPU dipimpin oleh para Komisioner KPU Hasyim Asyari, Parsadaan Harahap dan Muhammad Afifudin. Sedangkan Bawaslu dipimpin langsung oleh Ketua Komisioner Bawaslu Rahmat Bagja. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.