Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Khawatir Gagal Gabung

Koalisi Prabowo-Imin Umpetin Anggota Baru

Senin, 7 November 2022 08:00 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Pusat PKB, Daniel Johan. (Foto: DPR)
Ketua Dewan Pimpinan Pusat PKB, Daniel Johan. (Foto: DPR)

 Sebelumnya 
“Bahwa apa yang disampaikan Pak Muzani (Sekjen Gerindra Ahmad Muzani) itu bukan juga hal yang tidak mungkin,” ujar Dasco, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/11).

Seperti Muzani yang tidak menyebut nama partai, Dasco juga enggan membocorkan dua nama partai itu. “Sehingga, kami juga tidak mau mendahului menyebutkan nama-nama partai tersebut,” ucap Wakil Ketua DPR itu.

Baca juga : Prabowo Diminta Jadi Negarawan, Sanggup?

Cak Imin juga sempat mem­berikan sinyalamen ini. “Saya belum bisa buka sekarang, nanti kalau dibuka sekarang, enggak jadi masuk,” ujar Cak Imin, Rabu (17/8).

Wakil Ketua DPR ini menjelaskan, sinyal kedua partai itu akan masuk ke koalisi Gerindra-PKB karena sudah terjalin ko­munikasi yang intensif dengan mereka.

Baca juga : PKS Sama Saja Bunuh Diri

Sementara itu pengamat Politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menganalisa, salah satu partai yang akan bergabung dengan KIR itu adalah PDIP. Di mana, partai ini bisa saja menempatkanwakilnya sebagai Capres maupunCawapres karena modal awal suara Pemilu 2019 yang besar.

“Analisa saya itu PDIP. Sekalipun Banteng bisa mencalonkan sendiri, kemungkinan besar tidak maju sendirian. Apalagi, hubunganMegawati dengan Prabowo dan Cak Imin itu sangat baik,” ujar Karyono kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Italia Gagal Ke Piala Dunia, Mancini Siap Angkat Koper

Asumsinya, tidak akan terjadi polemik sekalipun PDIP akan mencalonkan jagoannya di koalisi tersebut. Contonya, ke­tika PDIP menghendaki tiket diberikan kepada Prabowo-Puan Maharani. Maupun sebaliknya.

“Saya kira PKB sangat rasional, jika PDIP masuk di koalisi ini tentu kemungkinan menang akan besar,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.