Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ketua DPW DKI Mundur, PSI Ngaku Baik-baik Saja

Rabu, 7 Desember 2022 07:40 WIB
Ketua DPW PSI Michael Victor Sianipar. (Foto: Instagram)
Ketua DPW PSI Michael Victor Sianipar. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Satia Chandra Wiguna memastikan, sekalipun Ketua DPW PSI Michael Victor Sianipar memilih mundur dan digantikan Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, partai ini dalam kondisi baik-baik saja.

“Kondisi partai sangat baik, kita siap ikut Pemilu 2024. Mundurnya Bro Michael merupakan pilihan politik beliau dan kita menghargai itu,” ujar Chandra, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Aktivis Muhammadiyah ini menjelaskan, perpindahan poli­tisi partai politik merupakan hal lumrah. Dia menjamin, hubun­gan personal antara Michael dan PSI dalam posisi baik-baik saja.

Chandra mengaku belum men­getahui pasti ke mana Michael akan melabuhkan perjuangan­nya ke partai politik lain. Yang jelas, PSI saat ini sedang fokus melakukan berbagai tahapan menjadi calon peserta Pemilu 2024. Termasuk, melakoni veri­fikasi faktual Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Baca juga : Aan Sabet Juara Piala Gubernur DKI Berkuda, Pj Heru Ucapkan Selamat

Soal turun gunungnya Grace Natalie menjadi pengurus di Ibu Kota merupakan mekanisme biasa dalam urusan internal politik. Menurutnya, kepengu­rusan partai di tingkat ini begitu ramping, sehingga mengetahui kinerja kepemimpinan daerah.

Hal senada disampaikan Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah PSI DKI Jakarta, Elva Farhi Qolbina. Diamininya, Michael Victor Sianipar mundur dari skuad PSI sejak Senin 5 Desember 2022.

“Bro Mike punya alasan dan pilihan pribadinya memilih wadah perjuangan politiknya. Bagaimanapun Bro Mike sudah menjadi Ketua DPW DKI semen­jak 2017. Banyak sejarah dan pen­capaian yang kita toreh bersama,” kata Elva dalam keterangannya, kemarin.

Kendati ada pergantian ketua DPW PSI, Elva menyatakan PSI DKI Jakarta saat ini dalam kondisi yang prima. “Sistem organisasi dan kepengurusan kita sudah solid,” pungkasnya.

Baca juga : Ogah Mundur, TGIPF: PSSI Cuma Mikir Diri Sendiri

Sebelumnya, Ketua DPW PSI DKI Jakarta, Michael Victor Sianipar, mengundurkan diri dari PSI. Michael mengaku merasa be­rat hati mundur dari PSI yang telah diperjuangkannya sejak Tahun 2015. Pun, Dia juga menyebut pernah menjadi pengurus tingkat kota hingga DPP.

Selama Michael menjabat di Jakarta, PSI memenangkan dela­pan kursi DPRD di Provinsi Jakarta di pemilihan umum tahun 2019. “Kita bangun PSI di Jakarta dari nol, dari tidak dikenal sama sekali hingga menjadi kekuatan politik yang diperhitungkan di Jakarta,” kata Michael.

Di PSI Jakarta, Michael men­gaku mendorong cara berorgan­isasi dan berpartai yang men­junjung prinsip transparansi, meritokrasi, objektivitas, dan pro­fesionalisme. Bahkan, seleksi caleg di Jakarta disebut kompetitif dan transparan karena melibatkan panelis dan uji publik.

“Selama saya menjadi Ketua Jakarta, saya pastikan partai berja­lan secara profesional. Pendanaan partai bisa dipertanggungjawab­kan dan ada laporan keuangan dan laporan kinerja tahunan yang bisa dibaca oleh publik. Tidak mung­kin PSI Jakarta menyuarakan transparansi dan akuntabilitas di Pemprov DKI kalau prinsip terse­but tidak kami jalankan sendiri di internal kami,” kata Michael.

Baca juga : Ketum Perpani DKI Minta Atlet Panah Jaga Nama Baik Jakarta

Selama lima tahun terakhir, Michael mengawal PSI menjadi kekuatan kritis di DPRD Jakarta dan menjadi partai oposisi terha­dap pemerintahan Gubernur Anies Baswedan tahun 2017-2022. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.