Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Partai Buruh Raih Tiket Pemilu 2024

Andi Gani: 15 Ribu Massa Gelar Syukuran Besok

Rabu, 14 Desember 2022 21:27 WIB
Ketua Umum Organisasi Rakyat Indonesia (ORI) Andi Gani Nena Wea bersama Presiden Partai Buruh Said Iqbal. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Organisasi Rakyat Indonesia (ORI) Andi Gani Nena Wea bersama Presiden Partai Buruh Said Iqbal. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Organisasi Rakyat Indonesia (ORI) Andi Gani Nena Wea mengaku bersyukur Partai Buruh lolos menjadi kontestan Pemilu 2024.

"Buruh kini sudah memiliki kapal besar, bernama Partai Buruh," ujarnya saat konferensi pers Partai Buruh, di Jakarta, Rabu (14/12).

Salah satu inisiator Partai Buruh ini mengungkapkan, lolosnya Partai Buruh adalah hasil kerja keras seluruh kader maupun pendukung partai.

Diceritakan Andi Gani, ikut sertanya Partai Buruh kali ini, merupakan mimpi dirinya dan Presiden Partai Buruh Said Iqbal yang menjadi kenyataan.

Baca juga : Rieke Gaungkan Pentingnya Basis Data Akurat Dan Presisi

Sebagai bentuk rasa syukur, Andi Gani mengungkapkan Partai Buruh akan melakukan pawai budaya bertajuk Victory Rally atau Pawai Kelas Pekerja yang akan diikuti 15 ribu massa, Kamis (15/12). Dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) sampai Patung Kuda.

"Nanti kita akan menampilkan kebudayaan di 34 Provinsi, ada drum band juga," katanya.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) ini juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Presiden Jokowi. Menurutnya, Kepala Negara memberikan peran penting kepada Partai Buruh dalam konstelasi politik di Tanah Air.

"Kami juga sudah meminta waktu untuk bertemu dengan Presiden Jokowi usai kunjungannya dari Brussels, Belgia berdiskusi tentang isu-isu kebangsaan," ucapnya.

Baca juga : Pilkada DKI 2024 Akan Jadi Arena Pertarungan Bebas

Sementara itu, Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengucapkan terima kasih kepada ORI selaku salah satu inisiator Partai Buruh, di antaranya seperti Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Serikat Petani Indonesia (SPI), dan lainnya.

Iqbal menuturkan, partai ini kembali dihidupkan oleh 11 organisasi. Melanjutkan perjuangan almarhum Ketua Umum Partai Buruh sebelumnya Mukhtar Pakpahan.

Iqbal menceritakan, partai ini didirikan karena kesamaan ide menolak Omnibus Law Cipta Kerja. Ini, menjadi momentum bangkitnya Partai Buruh di Indonesia. Seperti, halnya isu minyak bumi di Norwegia, dan tambang batu bara di Australia.

"Omnibus Law itu saya analogikan kita kalah dengan pemodal hitam, upah murah. Alhamdulillah, Partai Buruh kali ini bisa ikut Pemilu 2024," ujarnya.

Baca juga : PSSI Setop Pertandingan Liga 1 Selama Sepekan

Rencananya, Partai Buruh akan konsisten mengelaborasikan perjuangan ekstraparlementer dan parlementer. Misalnya, ketika organisasi buruh berdemonstrasi menuntut kenaikan upah, maka Partai Buruh membuat regulasi yang memihak buruh. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.