Dark/Light Mode

Pemilih Golkar Puas dengan Kinerja Airlangga Hartarto

Sabtu, 10 Agustus 2019 06:35 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa).
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilih Partai Golkar yang menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2019 puas atas kinerja Airlangga Hartarto.

Menteri Perindustrian ini juga memiliki elektabilitas tertinggi dibanding kandidat calon ketua umum Golkar lain.

Hal itu diungkapkan Direktur Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI), Andri Gunawan saat memaparkan hasil survei lembaganya di Jakarta, kemarin. Survei itu menyasar 2.450 responden dari 34 provinsi dan 478 Kabupaten/Kota. 2.450 responden yang terpilih terdiri dari kader Partai Golkar, pengurus, sayap partai, simpatisan dan pemilih Golkar pada Pemilu 2019.

Ketika ditanyakan bagaimana kinerja pengurus Partai Golkar dalam Pemilu 2019 di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto, mayoritas responden menyatakan puas. “Jawabannya, 52,6 % merasa sangat puas, 37,3 persen puas dan yang tidak puas 7,7 %. Selebih, 2,4% tidak menjawab,” kata Andri.

Baca juga : Pemilu Selesai, Korps Mahasiswa Ajak Warga Jaga Persatuan dan Kebhinekaan

Andri menjelaskan, responden yang menyatakan puas dan sangat puas terhadap kinerja Partai Golkar beralasan pasca prahara kepemimpinan ganda dan dijadikannya Setya Novanto sebagai pesakitan KPK, bukanlah tugas gampang untuk mengembalikan Golkar menjadi partai papan atas.

Dalam survei juga ditemukan sebanyak 88,7% responden menyatakan puas dengan kinerja kader Golkar yang berada di pemerintahan dan legislatif di berbagai tingkatan dalam hal memenuhi aspirasi para pemilih Golkar. Hanya 11,3 persen saja yang menyatakan tidak puas.

Andri mengatakan, LKPI tertarik umelakukan penelitian terkait fenomena menjelang Munas Partai Golkar untuk mengukur bagaimana pandangan masyarakat terhadap Golkar pasca pemilu.

Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95% dengan margin of error +/- 1.98%.

Baca juga : DPD Golkar Se-Bali Mantapkan Dukungan Untuk Airlangga Hartarto

“Survei ini dilakukan sejak 27 Juli - 8 Agustus 2019,” ucapnya. LKPI juga memaparkan tingkat elektabilitas calon ketua umum Partai Golkar. Airlangga Hartarto adalah kandidat yang paling berpeluang dengan mencapai 66,3 persen, jauh melampaui kandidat lain.

“Ketika ditanyakan siapakah tokoh Golkar yang dipilih jika munas digelar hari ini, jawabannya, Ketum Golkar saat ini Airlangga Hartarto yang paling tinggi,” katanya.

Menurut Andri, Airlangga dipilih 66,3 % responden, di- susul Agus Gumiwang 7,2 %, Bambang Soesatyo 6,4%, Azis Syamsudin 6,3 %, Indra Bambang Utoyo 3,2%, Ahmad Doli Kurnia 2,6 % dan Yorrys Raweyai 1,6 %.

“Yang tidak memberikan pilihan sebanyak 6,4 %,” papar Andri. LKPI juga tertarik melakukan penelitian terkait fenomena menjelang Munas Partai Golkar untuk mengukur bagaimana pandangan masyarakat terhadap Partai Golkar pasca-pemilu.

Baca juga : Jelang Munas, Golkar DIY dan Jateng Mantapkan Dukungan Untuk Airlangga

“Golkar merupakan partai yang paling demokratis dalam menyelenggarakan Musyawarah Nasional untuk memilih Ketua Umum.

Sangat menarik untuk meneliti tokoh Golkar yang menurut publik layak untuk memimpin Golkar di masa mendatang,” ujar Andri. [MHS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.