Dark/Light Mode

Puan Mau Sowan PPP Dan PAN

Beringin Senang KIB Banyak Yang Naksir

Rabu, 15 Februari 2023 07:55 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Puan Maharani. (Foto: Dok. DPR)
Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Puan Maharani. (Foto: Dok. DPR)

 Sebelumnya 
Dikatakan, kunjungan elit PDI Perjuangan ini tidak ujug-ujug. Sudah komunikasi jauh-jauh hari. Demikian juga dengan agenda pertemuan Puan dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan. “KIB juga tak masalah. Karena semua boleh membuka keran komunikasi dengan siapapun,” tambahnya.

Sebelumnya, safari politik yang dipimpin Puan sudah mengunjungi sejumlah parpol. Seperti Partai NasDem, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Golkar.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Salurkan Pakan Kucing Hingga Kandang Untuk Cat Lovers Jakarta

Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah mengatakan, awal Maret, safari politik Puan akan berlanjut sowan ke PAN dan PPP. “Insya Allah awal Maret akan bertemu dengan Ketua Umum PAN. Setelah itu bertemu dengan Ketua Umum PPP. Yang di internal dulu lah sesama koalisi pemerintahan,” kata Said di Gedung DPR, belum lama ini.

Kunjungan Puan dengan elite PPP dan PAN bakal dikemas sederhana. Rencananya makan bersama di warung. “Yang pent­ing hasil pertemuan itu. Berpikir untuk Indonesia lebih baik, adil, sejahtera, kan gitu,” tambahnya.

Baca juga : Ganjar Ajak Kades Se Jateng Tancap Gas Atasi Stunting

Dalam pandangan Direktur Eksekutif Indonesia Political Power, Ikhwan Arif, KIB me­mang menjadi salah satu poros koalisi yang diminati. Sehingga sejumlah partai besar, khususnya yang di dalam pemerintahan, perlu membangun komuni­kasi dengan KIB untuk Pemilu 2024. “Terbukti PKB, Gerindra, terbaru PDI Perjuangan intens komunikasi dengan Golkar Cs,” kata Ikhwan kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurutnya, bila nanti terjadi peleburan KIB dan KIR, maupun KIB dengan PDI Perjuangan, akan menjadi kekuatan be­sar. Khususnya jika KIB dan KIR menyatu, kekuatan koalisi semakin bertambah besar. “Dua-duanya sudah memenuhi ambang batas Presidential Threshold. Jadi berpeluang be­sar memperoleh suara terbanyak. Apalagi jika semua mesin partai bergerak,” ujarnya.

Baca juga : Pak Jokowi Dan Pak Surya Itu, Adik Kakak Yang Saling Merindukan

Lantas siapa yang bisa di­usung jika KIB degan KIR mau­pun PDI Perjuangan bergabung? Kata dia, Golkar lah yang paling kuat dapat posisi, setidaknya untuk cawapres.

“Yang jelas ada nama Prabowo, Puan, dan Airlangga. Arilangga dengan Golkarnya paling pu­nya daya tawar untuk cawapres. Jokowi juga kemungkinan akan merestui pasangan dari koalisi besar ini,” sebutnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.