Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Golkar Jadi Partai Paling Ngetop

Airlangga Nomor Wahid

Jumat, 24 Februari 2023 07:55 WIB
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (Foto: Twitter)
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Popularitas dan elektabilitas Partai Golkar meningkat dalam survei terbaru Litbang Kompas, Januari 2023. Popularitas Beringin tertinggi di antara partai lain, yakni 86,3 persen. Sementara, Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto,juga semakin diterima rakyat. Dalam gelaran Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia Ke-19 di Sulawesi Tenggara (Sultra), Airlangga menempati nomor wahid sebagai capres.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengatakan, Partai Golkar punya peluang besar mempertahankan posisi partai papan atas di Pemilu 2024. Ini berkat kerja keras branding dan mesin partai serta imbas kinerja Airlangga.

“Setidaknya di posisi kedua masih potensial. Apalagi jika mesin partai terus bergerak dan branding kinerja Airlangga terus digaungkan,” kata Dedi dalam pesannya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Soal Pengganti Amali, Airlangga: Kita Siapin

Dedi tak heran Golkar selalu positif dalam berbagai survei. Pertama, karena loyalis tradisional Golkar masih massif. Kedua, sosok Airlangga yang juga Menko Perekonomian ikut men­dongkrak beringin. Airlangga juga berhasil membuat internal partai solid, tak ada friksi. Branding capres atas Airlangga juga semakin gencar.

Ketiga, masuknya tokoh baru yang popularitas dan elektabili­tasnya lumayan. Yakni, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Kang Emil). “Golkar memang partai stabil. Agak sulit partai lain, apa­lagi partai baru mengambil mas­sif suara tradisional Beringin,” tandasnya.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Dave Laksono mengakui, selain faktor Airlangga, ada pula faktor posi­tif dari bergabung Kang Emil bagi partai.

Baca juga : Kampus Mengajar Jadi Solusi Pengembangan Kompetensi Dasar Mahasiswa

“Memang saling menopang. Setidaknya hal positif yang dilakukan Kang Emil di Jawa Barat, berimbas positif bagi Golkar,” kata Dave kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Namun, untuk agenda Pilpres 2024, Dave menegaskan, skuad beringin patuh pada putusan Munas yang telah mencapreskan ketua umumnya.

Dave menambahkan, selain menggarap massa tradisional, partainya juga terus mendapat­kan segmen baru pemilih. Yakni pemilih milenial.

Baca juga : Jangan Lupa Pulang, Bangun Negeri Kita

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bidang Komunikasi dan Informasi Nurul Arifin mengapresiasi hasil survei Litbang Kompas dan Musra yang menempatkan Partai Golkar di ja­jaran atas, dan Airlangga sebagai pemenang capres.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.