Dark/Light Mode

Golkar Jadi Partai Paling Ngetop

Airlangga Nomor Wahid

Jumat, 24 Februari 2023 07:55 WIB
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (Foto: Twitter)
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (Foto: Twitter)

 Sebelumnya 
“Dari berbagai provinsi Pak Airlangga menang, karena pemilihnya objektif. Melihat kinerja Pak Airlangga di bidang ekonomi, Ketua Umum partai besar, konsisten mendukung Pemerintah,” kata Nurul kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurutnya, raihan posi­tif ini tak lain karena kinerja Airlangga. Kata Nurul, bosnya itu memang sepantasnya masuk dan berlaga di Pilpres 2024.

Airlangga berperan penting dalam pembangunan Indonesia, mencegah Indonesia dari kri­sis selama Pandemi Covid-19, programnya menyentuh akar rumput, dan pembantu Presiden Jokowi yang amat loyal.

Baca juga : Soal Pengganti Amali, Airlangga: Kita Siapin

Sebelumnya, Litbang Kompas Januari 2023 menunjukkan, bergabungnya Ridwan Kamil ke Partai Golkar menguntungkan kedua belah pihak.

“Sosok Ridwan Kamil menai­kkan suara Partai Golkar, dan massa Partai Golkar menopang suara Ridwan Kamil,” tulis Litbang Kompas.

Berdasarkan hasil survei, pemilih Ridwan Kamil yang memilih Partai Golkar sebanyak 13,7 persen. Jumlah itu naik dari 8,7 persen pada Oktober 2022, saat Ridwan Kamil be­lum bergabung dengan Partai Golkar.

Baca juga : Kampus Mengajar Jadi Solusi Pengembangan Kompetensi Dasar Mahasiswa

Sedangkan pemilih Partai Golkar yang memilih Kang Emil juga naik menjadi 13,1 persen, dari 9,5 persen pada Oktober 2022.

Secara umum, survei Litbang Kompas Januari 2023 menun­jukkan, Partai Golkar memiliki tingkat popularitas sebesar 86,3 persen. Disusul PDI Perjuangan di peringkat kedua dengan rai­han popularitas 86,2 persen dan Partai Demokrat 84 persen.

Sementara, berdasarkan tingkat elektabilitasnya, Golkar berada di posisi ketiga dengan 9 persen. Di bawah PDI Perjuangan 22,9 persen dan Partai Gerindra 14,3 persen.

Baca juga : Jangan Lupa Pulang, Bangun Negeri Kita

Seperti diketahui, Airlangga Hartarto beberapa kali masukdi tiga besar sebagai capres dalam Musra. Musra di Sulawesi Barat dan Gorontalo, Airlangga be­rada di posisi teratas. Sementara di NTT, Jawa Timur dan beberapa provinsi sebelumnya, Airlangga berada di tiga besar capres. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.