Dark/Light Mode

Gandung Pardiman: Koalisi Besar Tanpa PDIP Cukup Menangkan Pilpres

Selasa, 11 April 2023 13:56 WIB
Ketua DPD Partai Golkar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Gandung Pardiman. (Foto: Istimewa)
Ketua DPD Partai Golkar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Gandung Pardiman. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wacana Koalisi Besar mengemuka usai pertemuan antara lima ketua umum partai koalisi pemerintah dengan Presiden Jokowi di Kantor DPP PAN, Minggu (2/3) lalu.

Para ketua umum itu yang hadir antara lain dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) yakni Prabowo Subianto (Gerindra), Muhaimin Iskandar (PKB). Dan dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yakni Airlangga Hartarto (Golkar), Muhammad Mardiono (PPP), dan Zulkifli Hasan (PAN) sebagai tuan rumah.

Usai pertemuan itu, sejumlah partai juga maraton bersua dengan partai lain. Misalnya Prabowo Subianto yang bertemu dengan Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra serta Ketum PAN Zulkifli Hasan di waktu yang berdekatan.

Baca juga : Bicarakan Koalisi Besar, Perindo Kunjungi Markas Partai Golkar

Ketua DPD Partai Golkar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Gandung Pardiman menilai, jika wacana Koalisi Besar ini terwujud, maka sudah cukup untuk memenangkan Pilpres 2024.

Apalagi jika Koalisi Besar dan mengusung duet maut Prabowo Subianto-Airlangga Hartarto sebagai pasangan capres-cawapres.

"Saya melihat koalisi KIB dan KIR menjadi sebuah koalisi besar dan ditambah dengan partai baru itu sudah lebih dari cukup tanpa PDI Perjuangan," ungkap Ketua DPD Partai Golkar DIY Gandung Pardiman dalam keterangan persnya kepada RM.id, Selasa, (11/4).

Baca juga : Puan Ingatkan Fraksi PDIP Solid Menangkan Pemilu 2024

Lebih lanjut Gandung menegaskan, Koalisi Besar berisi KIB dan KIR memang tidak perlu PDI Perjuangan. Sebab anggota KIB dan KIR sudah 5 partai dan jumlah ini menurut Gandung sudah lebih dari cukup. Apalagi dikabarkan ada partai baru nonparlemen yang ingin bergabung di Koalisi Besar ini.

"Gabungan KIB dan KIR sudah ada lima partai politik ditambah dengan partai baru, maka akan menjadi kekuatan yang prospektif dan berpeluang memenangkan Pilpres 2024," yakinnya.

"Sehingga tidak perlu ada PDI Perjuangan yang hingga kini belum menentukan langkahnya bergabung dengan salah satu poros koalisi atau mendirikan koalisi sendiri," pungkas Gandung Pardiman. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.