Dark/Light Mode

Ketum Parpol Datang Giliran

JK Kini Berubah Jadi Pesimistis

Senin, 8 Mei 2023 08:00 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (kanan), disambut oleh Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla (JK) saat berkujung ke kediaman JK, di Jalan Brawijaya, Jakarta, Sabtu (6/5/2023). (Foto: Tedy Octariawan Kroen/RM).
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (kanan), disambut oleh Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla (JK) saat berkujung ke kediaman JK, di Jalan Brawijaya, Jakarta, Sabtu (6/5/2023). (Foto: Tedy Octariawan Kroen/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Satu-persatu ketum parpol penggagas terbentuknya Koalisi Besar menemui Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla. Mulai dari Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketum Golkar Airlangga Hartarto hingga Ketum PKB Muhaimin Iskandar. JK yang awalnya optimis soal pembentukan Koalisi Besar, kini malah berubah jadi pesimis. Kok bisa...

Kurang dari sepekan, kediaman JK di Jalan Brawijaya Nomor IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, didatangi secara bergilirian oleh bos-bos parpol. Bos parpol yang pertama datang adalah Prabowo Subianto. Prabowo datang ke rumah JK usai sang tuan rumah dinyatakan negatif Covid-19, Selasa (2/5).

Baca juga : Pengamat: Prabowo Mungkin Saja Jadi Capres Koalisi Besar

Kunjungan itu dilaksanakan secara singkat sebelum Prabowo bertemu dengan Presiden Jokowi, di Istana Negara bersama enam bos partai koalisi Pemerintah pada malam harinya. JK dan Prabowo menegaskan bahwa pertemuan mereka tidak membahas soal politik.

Dua hari setelahnya, giliran Airlangga yang menghadap. Saat itu, Airlangga hanya ditemani oleh istrinya, Yanti Airlangga. Selain silaturahmi, Airlangga juga menyampaikan perkembangan koalisi yang sedang dijajaki oleh partainya.

Baca juga : Ganjar Dorong Lulusan SMK Jateng Berkuliah Di Universitas Pertahanan

Kepada Airlangga, JK berpesan agar Menko Perekonomian tersebut memastikan perolehan suara Beringin meningkat di Pileg 2024. Juga, Golkar harus terlibat dalam kepemimpinan nasional ke depannya. Sedangkan terkait capres dan cawapres, mantan Ketum Golkar itu menyerahkan sepenuhnya kepada Airlangga dan koalisi yang terbentuk nantinya.

Terakhir, giliran Muhaimin Iskandar yang datang. Cak Imin yang mengenakan batik berwarna hijau tiba di rumah JK tiba sekitar pukul 20.08 WIB, Sabtu (6/5) malam. Selain ditemani pejabat teras DPP PKB, Cak Imin juga didampingi istrinya Rustini Murtadho. Rombongan Cak Imin pun disambut jabat tangan oleh JK yang mengenakan koko biru muda. Setelah itu, keduanya sempat sedikit berbincang sebelum masuk ke kediaman JK.

Baca juga : Survei BI: Penyaluran Kredit Baru Tumbuh Positif

Hanya saja dalam pertemuan terakhir ini, terselip pernyataan JK kepada Cak Imin mengenai simpang siur pembentukan Koalisi Besar. Diketahui, saat ini partai pendukung Pemerintah sedang berusaha membentuk Koalisi Besar.

“Kita tanya beliau, nasihatnya soal Koalisi Besar bagaimana?” tanya Cak Imin ke JK, Sabtu (6/5).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.