Dark/Light Mode

Pengamat: Prabowo Mungkin Saja Jadi Capres Koalisi Besar

Rabu, 3 Mei 2023 13:42 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra (tengah) bersama lima bos parpol koalisi: Zulkifli Hasan (PAN), Muhaimin Iskandar (PKB), Airlangga Hartarto (Golkar), Muhammad Mardiono (PPP) usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (3/5). (Foto: Randi Tri Kurniawan/RM)
Ketua Umum Partai Gerindra (tengah) bersama lima bos parpol koalisi: Zulkifli Hasan (PAN), Muhaimin Iskandar (PKB), Airlangga Hartarto (Golkar), Muhammad Mardiono (PPP) usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (3/5). (Foto: Randi Tri Kurniawan/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin meyakini, Koalisi Besar yang terbentuk pasca pertemuan enam Ketua Umum Partai Politik dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Selasa (2/5). 

Salah satu yang membikin Ujang pede adalah gesture atau bahasa tubuh bos parpol yang terlihat happy  ketika berjalan ke luar Istana, usai pertemuan dengan Jokowi.

“Kelihatannya, bisa saja membentuk koalisi besar. Saya melihat dan mengamati sinyal Koalisi Besar, bakal capresnya Pak Prabowo,” kata Ujang, Rabu (3/5).

Baca juga : SCG: Ada Peluang Duet, Prabowo-Anies Bisa Kuat Di Pilpres 2024

"Para Ketua Umum Parpol itu terlihat happy. Kita lihat ke depan, apakah ada hasil pasti dari pertemuan Selasa (2/5) malam di Istana," imbuhnya.

Peta politik saat ini menunjukkan, bursa Capres didominasi oleh tiga nama: Prabowo Subianto yang diusung Gerindra, Ganjar Pranowo yang dicapreskan PDIP, dan Anies Baswedan yang diajukan NasDem.

Di berbagai survei terbaru, Prabowo dan Ganjar berada di peringkat teratas. Mengungguli Anies Baswedan. 

Baca juga : Sarat Prestasi, RIB Jagokan Muhadjir Jadi Cawapres Ganjar

Titipan Besar

Soal Koalisi Besar, wartawan sudah mencoba bertanya langsung kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga, yang terlihat mesra dengan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, saat menyusuri jalan ke luar Istana Merdeka, Selasa (30/4) malam.

Namun, dia enggan menjawab secara eksplisit dan menyisakan teka-teki.

Baca juga : Semoga Terwujud Di 2024, 3 Capres Lebih Semarak

"Ya, ini kan sudah besar. Tunggu besok siang. Ada halal bihalal Golkar dan PKB di Plataran pukul 1 siang," ucap Airlangga, yang juga menjabat Menko Perekonomian.

Prabowo segendang sepenarian. Dia tak banyak berkomentar saat ditanya apakah pertemuan dengan Jokowi membahas soal Pilpres 2024.

"Secara praktis tidak ya. Titipan besarnya, kita harus rukun, kompak, demi bangsa dan negara,” ujar Prabowo. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.