Dark/Light Mode

Niko Rinaldo Siap Tarung Di Dapil SMS

Jumat, 16 Juni 2023 22:21 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Tokoh Muda asal Subang Niko Rinaldo, siap bertarung di Dapil Subang, Majalengka, Sumedang (SMS) untuk DPRD Jawa Barat pada Pileg 2024.

Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP) Jawa Barat itu mengatakan, jika dipercaya menjadi wakil rakyat, dirinya berjanji akan selalu berpihak pada masyarakat teraniaya.

Sebab, selama ini, kerja-kerja yang dilakukannya tidak jauh dari sana. Sejak mahasiswa, dia dikenal kerap mengadvokasi kepentingan rakyat.

Selain beraktivitas sebagai dosen, wiraswasta, dan PR Konsultasi, lecintaannya sebagai aktivis dan organisasi menempatkannya sekarang dipercaya Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Subang, yang dititinya dari bawah.

Ia tercatat pernah menapak dari Ketua PAC PDI Perjuangan Legonkulon. Berangkat dari pengalaman sendiri, berasal dari daerah, jauh dari pusat kota sekitar 45 km, Niko sering melihat ketertinggalan dan keterbelakangan di daerahnya. Akhirnya ia terpanggil untuk masuk partai.

“Masuk partai politik karena melihat situasi yang ada di daerah lingkungan dekat. Sebagai orang daerah melihat ada ketertinggalan dan keterbelakangan,” tutur alumni Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi UNPAS Bandung itu.

Baca juga : 39 Obat Sirop Holi Pharma Kantongi Izin Dari BPOM

Ia mencontohkan, dulu orang sering berkelakar, saking rusaknya kondisi jalan Pondok Bali ke Pemanukan, ibu hamil yang lewat pasti melahirkan di sana.

"Untuk itu, kita berjuang demi perbaikan, termasuk akses pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan," bebernya.

"Saya kira dibutuhkan political willl dari teman-teman DPRD, untuk membuat kebijakan-kebijakan yang berpihak kepentingan rakyat,” sambung Nico.

Dulu salah satu inspirator tokoh pemuda nasional bergerak politik, dan selama 15 tahun mewakili DPR RI dari Dapil SMS adalah Maruarar Sirait.

Saat menjabat presiden BEM Unsub, dia pernah menghadirkan Ara, sapaan akrab Maruara menjadi narasumber di kampus, membahas dasar-dasar politik yang baik.

"Kita tahu kerja politik, sering politik dipandang kotor dan kejam. Namun Bang Ara mengajarkan politik dari sisi yang baik, bagaimana politik itu suci. Politik menegakkan yang benar dan membela yang lemah, dalam membangun bangsa dan kerja untuk rakyat banyak," kata Sekretaris DPC PDIP Kabupaten, Subang, Jawa Barat ini.

Baca juga : Di Indonesia, Pupuk Pun Dipalsukan

Ini bukan kali pertama Nico maju. Pada tahun 2019 sudah pernah ditugaskan partai maju DPRD Kabupaten Subang, meski waktu belum berhasil.

“Keyakinan politik saya, bahwa kami dipercaya cukup banyak suara, yakni 2.228, tanpa money politic waktu itu. Artinya banyak masyarakat yang menginginkan perubahan, dan yang bisa kerja untuk rakyat dan peduli masyarakat,” tandas suami Teti Asrianti yang telah memberikannya dua buah hati itu.

Saat ini Niko ditugaskan sebagai caleg DPRD I Jabar. Sejalan dengan memegang tanggung jawab organisasi dipercaya Sekretaris DPC PDIP Subang, sehingga perlu menjadi supervisi memastikan kemenangan setiap dapil di DPRD tingkat dua Kab. Subang.

Sebagai ketua TMP Jawa Barat, yang sudah terbentuk 27, dirinya hadir di 20 kabupaten/kota.

Banyak aspirasi pemuda, seniman, rakyat, tokoh masyarakat disampaikan padanya, yang bisa menjadi bekal untuk maju berjuang dari Dapil dari Subang Majalengka Sumedang (SMS).

Sebenarnya berjuang untuk kepentingan warga sudah biasa dilakukan, karena sejak jadi aktivitis sudah berbaur masyarakat. Kerja bareng banyak organisasi, itu rutin dilakukan baik sebagai ketua TMP Jabar dan pengurus partai.

Baca juga : Di Maria Siap Lari Dari Si Nyonya Tua

Dirinya, pernah memperjuangkan 158 nelayan yang tergabung dalam serikat nelayan Subang. Mereka mendapat jaminan keselamatan kerja. Kedua, bersama anak-anak kreatif sering kolaborasi sahabat dan teman kreatif.

Sebagai pembina Forum Komunikasi Budayawan dan Seni, Niko dipercaya menyuarakan kepentingan mereka karena selama Covid tidak pentas.

Terakhir, terbit surat edaran Bupati, mengizinkan pentas seni dan budaya meski dengan protokol ketat. Ditanya prinsipnya, Niko mengatakan menjadi warga negara yang beragama dan taat, didasari Pancasila seperti.

"Pegang agama dengan kuat dan jadikan keluarga baik," katanya, sembari bersyukur dapat bergabung dengan partai politik besar yang berpegang pada Pancasila dan UUD 1945.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.