Dark/Light Mode

Digoda Golkar Dan PAN

Demokrat Masih Mikir-mikir

Sabtu, 16 September 2023 07:30 WIB
Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. (Foto: Instagram @kamharlakumani)
Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. (Foto: Instagram @kamharlakumani)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrat tidak menutup kemungkinan masuk Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mendukung Capres Prabowo Subianto. Terlebih, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar merasa nyaman bila partai bintang Mercy itu bergabung.

“Ya mungkin saja,” ujar Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Poros Baru? Mustahil!

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (Pispi) ini merasionalisasi arah politik partainya di kontestasi Pilpres 2024 tersaji dua pilihan saja. Yaitu, berada di barisan pendukung Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto atau eks Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Kamhar meyakini, apapun keputusan Partai Demokrat merupakan pilihan terbaik berbasis kehendak pengurus maupun kader partai. Sejauh ini, sudah dilakukan penjajakan sebagai tindak lanjut aspirasi kader yang dituangkan di Rapat Pleno dan Commanders Call partainya.

Baca juga : AHY Kembali Tegaskan Demokrat Sudah Move On

Sejurus kemudian, aspirasi dari kader di daerah itu akan diteruskan DPP Partai Demokrat ke Majelis Tinggi Partai (MTP). Majelis yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini nantinya akan memutuskan ke mana dukungan Partai Demokrat akan berlabuh.

“MTP akan menjadikan as­pirasi ini sebagai masukan, yang juga tentunya telah memiliki kalkulasi yang diperhitungkan secara cermat dan seksama dengan mempertimbangkan kepentingan strategis partai untuk pada saatnya memutuskan poros koalisi,” ungkapnya.

Baca juga : Demokrat Dan NasDem Masih Bisa Akur Aja Tuh

Kamhar berharap keputusan dari MTP Demokrat itu segera keluar dalam waktu dekat. Pasalnya, selain bisa mengobati gagal duet dengan Capres Anies Baswedan, koalisi ini memperkuat gerakan partai untuk pemenangan Pileg 2024.

“Kita berharap dalam waktu yang tidak terlalu lama, bebera­pa hari kedepan telah diputuskan mengingat semakin singkatnya waktu menuju pembukaan masa pendaftaran pencapresan,” tu­tupnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.