Dark/Light Mode

Hari Ini

Gerindra Gelar Rapimnas

Senin, 23 Oktober 2023 07:30 WIB
(Foto: Ist)
(Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Denny memaparkan, ada tiga hal yang akan menentukan. Pertama, tingkat pengenalan dan kesukaan Cawapres. Kedua, segmen suara terbesar yang bisa mereka raih. Ketiga, basis teritori provinsi besar yang bisa mereka mainkan untuk menambah dukungan.

Di tingkat pengenalan, papar Denny, data survei LSI Denny JA di September 2023, Gibran yang paling tinggi. Wali Kota Solo ini dikenal 65,4 persen populasi Indonesia. Mahfud hanya dikenal 60,1 persen dan Muhaimin Iskandar 49,0 persen.

Serupa, di tingkat kesukaan Cawapres, Gibran disukai oleh 81,2 persen pemilih yang mengenalnya. Ini sangattinggi dan datang terutama dari generasi milenial. Mahfud disukai oleh 79,8 persen dari yang mengenalnya. Sedangkan Muhaimin Iskandar disukai oleh 61,5 persenpemilih yang mengenalnya. "Per 4 bulan sebelum Pilpres, di tingkat pengenalan dan kesukaan Gibran unggul sementara," kata Denny.

Baca juga : Komisi Informasi Gelar Rakornis, Ini Yang Dibahas

Dari sisi potensial tambahan dukungan yang bisa Cawapres ambil, Muhaimin dan Mahfud mampu mengeruk pemilih Nahdlatul Ulama (NU). Pemilih NU itu sekitar 50 persen. Katakanlah, ini terbagi dua untuk Muhaimin dan Mahfud.

Kelebihan Mahfud, potensial menggaet pemilih dari kalangan terpelajar, terutama aktivis yang militan terhadap isu anti korupsi. "Pada isu ini memang titik kuat Mahfud. Segmen pemilih kalanganterpelajar itu sekitar 10 persen dari total populasi pemilih.

Sementara bagi Gibran, sangat potensial mengambil pemilih di Jawa Tengah. Total pemilih Jawa Tengah itu sekitar 13,39 persen dari seluruh pemilih Indonesia. Artinya, Jawa Tengah akan men­jadi pertarungan keras antara Gibran versus Ganjar.

Baca juga : Bidani UU Kewarganegaraan, Ganjar Hapus Diskriminasi Warga Keturunan

Gibran juga potensial mengambil pemilih milenial, yang jumlahnya sekitar 48,5 persen dari total pemilih Indonesia. Yang lebih utama lagi, yang bisa dieksplorasi Gibran adalah pemilih yang puas terhadap Jokowi. Jumlahnya sekitar 70 sampai 80 persen.

Sedangkan secara teritori, wilayah besar yang lebih mudahdipengaruhi Gibran adalah Jawa Tengah. Di sanalah Gibran dan Jokowi berasal. Sementara Muhaimim dan Mahfud keduanya kuat berebut suara di Jawa Timur. "Tetapi, elektoral Cawapres tak tergantung dari manuver dan kerja politik positif mereka. Empat bu­lan ke depan, siapa yang blunder, pengaruhnya akan negatif berujung kekalahan," pungkasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 23/10/2023 dengan judul Hari Ini, Gerindra Gelar Rapimnas

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.