Dark/Light Mode

Ungkapan Syukur & Terima Kasih Ke Rakyat

PKB & NasDem Gelar Mudik Gratis

Senin, 8 April 2024 07:35 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Jazilul Fawaid
Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Jazilul Fawaid

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) menggelar mudik gratis pada Lebaran 2024. Mudik gratis ini sebagai ungkapan rasa syukur, atas perolehan suara partai yang naik drastis di Pemilu  2024.

ALHAMDULILAH PKB menyelenggarakan mudik gratis. Kita sebut tahun ini sebagai Mudik Perubahan, karena PKB berubah kursinya lebih tinggi," kata Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid saat melepas Mudik Perubahan di Kantor DPP PKB, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4/2024) sore.

Gus Jazil  sapaan karib nya mengungkapkan, mudik gratis dengan 25 armada bus ini diikuti oleh warga Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim). Rute tujuan mudik gratis bervariasi. Dari mulai Semarang, Purbalingga, Temanggung, Surabaya, Jombang, hingga Yog-yakarta. Mudik gratis ini, kata Gus Jazil, juga bentuk penghargaan untuk warga di dua provinsi penyumbang suara terbesar PKB.

Baca juga : Kemnaker Periksa 30 Kasus

Dijelaskan, di Jatim, PKB meraih suara tertinggi 4.517.228 suara. Di DPRD Jatim, jika dikonversi menjadi 27 kursi DPRD Provinsi Jatim. Jumlah ini naik jika dibanding Pemilu 2019 yang mendapatkan 4.380.739 suara atau 25 kursi

Sementara secara nasional, PKB meraih suara sebanyak 16.115.655 atau 10,62 persen. Perolehan suara PKB ini naik 0,93 persen dari Pemilu 2019 lalu yang meraih 13.570.097 atau 9.69 persen suara. "Ini bagian dari penghargaan kepada teman-teman di Jawa Timur dan Jawa Tengah, ya. Di Pulau Jawa umumnya suara PKB memang meningkat secara nasional," tutur Gus Jazil.

Tak hanya PKB, Partai Nasional Demokrat (NasDem) juga mengadakan mudik gratis bagi 1.500 peserta untuk warga Sulawesi Tengah. Ribuan pemudik ini menuju beberapa kabupaten antara lain Parigi Moutong (Parimo), Buol, Tolitoli, Poso, Tojo Una-Una (Touna), Morowali, Morowali Utara (Morut), dan Banggai Bersaudara.

Baca juga : Komisi X DPR Tanya Nadiem, Pramuka Masih Penting?

"Kesadaran Partai NasDem paling tidak sampai dengan umur 12 tahun berdirinya, tidak akan lupa dengan dukungan dari bapak ibu masyarakat Sulawesi Tengah," ucap Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, Ahmad M. Ali saat melepas mudik gratis di depan Sekretariat DPW NasDem Sulteng, Sabtu (6/4/2024).

Mad Ali, sapaan akrabnya menyatakan, mudik gratis ini adalah salah satu cara Partai NasDem merawat hubungan dan menjalin silaturahim antar partai dan konstituen. "Semoga semua yang ikut mudik ini selamat sampai tujuan. Salam hangat saya untuk keluarga di rumah," ucapnya.

 

Baca juga : Integrasi Tokopedia-TikTok Dorong Digitalisasi UMKM

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.