Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bahas Demokrasi dan Humanisme

PKB Kumpulin 151 Parpol Sedunia

Jumat, 24 Januari 2020 07:01 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menginisiasi 151 partai politik sedunia yang tergabung dalam forum Centrist Democrat International (CDI) di Yogyakarta, 22-25 Januari. 

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyebut, pertemuan ini untuk membuat aliansi parpol di dunia. “Tokoh dan perwakilan partai di seluruh dunia yang berkumpul hari ini untuk membahas me ngenai aliansi abad 21, humanisme barat, Demokrasi Kristen dan Humanisme islam,” ujar Muhaimin di Yogya karta, kemarin. 

Baca juga : Balas Dendam Kematian Soleimani, Iran Rudal 2 Pangkalan AS

Di Indonesia, PKB menjadi satu-satunya parpol yang tergabung dengan CDI. Secara ideologis, CDI merupakan kum pulan partai berhaluan tengah di seluruh dunia. 

Menjadi tuan rumah, PKB mengurus segalanya termasuk menggelar Executive Commitee Meeting.Menurut Muhaimin, acara tersebut adalah pertemuan antara pimpinan partai, tokoh agama, akademisi, dan pembuat kebijakan dari berbagai budaya dan agama di dunia. 

Baca juga : Jaring Aspirasi Soal Wacana Amandemen UUD, MPR Bakal Kunjungi Semua Parpol

Mereka membahas peluang dan tantangan yang muncul dari bergulirnya pembentukan tata dunia baru.Tata dunia baru itu, maksudnya, menjadikan Eurasia atau perpaduan Eropa dan Asia menjadi sebuah benua super yang akan menjadi titik tumpunya. 

Muhaimin berpendapat forum Eurasia belum pernah ada sebelumnya untuk para pemimpin dunia dalam membentuk aliansi abad ke-21. 

Baca juga : Samakan Visi Pembangunan, Kemendagri Bakal Kumpulin Kepala Daerah Se-Indonesia

Dari Indonesia, dimunculkan tokoh Islam Kiai Musto fa Bisri. Gus Mus, hari ini akan membahas tentang Western Humanism, Christian Democracy, and Humanitarian Islam. 

Adapun Perdana Menteri Hongaria Victor Orban dijadwalkan menjadi panelis diskusi Eurasia Forum soal Western Humanism, Christian Democracy, and Humanitarian Islam Aliansi Abad 21. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.