Dark/Light Mode

Spekulasi Perombakan Kabinet

Ketum Parpol Tak Kena Reshuffle

Jumat, 3 Juli 2020 07:01 WIB
Reshuffle kabinet/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Reshuffle kabinet/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak Presiden Jokowi marah terhadap kinerja menterinya, isu reshuffle terus menghangat. Berbagai spekulasi muncul soal siapa yang bakal digusur.

Hal itu diungkapkan Guru Besar Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung Prof Asep Warlan Yusuf saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin. Menurutnya, menteri dari kalangan parpol pendukung pemerintah masih aman. Karena pemerintah perlu dukungan DPR yang sekarang dikuasai  koalisi pendukung pemerintah. 

“Menteri dari parpol pendukung penuh di parlemen aman. Seperti Golkar, PDIP, Nasdem, PKB dan PPP. Situasi politik  akan rawan jika mereka direshuffle,” ujar Asep.

Baca juga : Menkes Puasa Bicara, Risma yang Koar-koar

Seperti diketahui, ada 16 menteri dari kalangan parpol di dalam Kabinet Indonesia Maju. PDIP dapat jatah empat, Golkar, PKB, dan Nasdem tiga orang. Kemudian Gerindra dua dan PPP satu orang.

Asep mencontohkan, menteri dari parpol yang pasti aman adalah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Airlangga merupakan Ketum Partai Golkar dan Prabowo Ketum Partai Gerindra.

Jika ada reshuffle, Asep menduga akan dilakukan kepada pos kementerian yang minim risiko dinamika politik. Yaitu, Menteri Kesehatan Terawan Agus  Putranto dan Menteri Agama Fachrul Razi, keduanya dari latar belakang militer.

Baca juga : Denny Indrayana Bakal Duel dengan Petahana

Sementara, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengatakan, ada tiga nama menteri yang bakal aman darireshuffle.Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono.

Sebagai Ketum Partai Golkar, kata Ujang, Airlangga akan aman. Karena secara politis, Beringin  merupakan partai besar yang mem-backup Presiden Jokowi. 

Lalu, Menteri BUMN Erick Thohir. Sekalipun bukan berlatar belakang parpol, Erick memiliki sejarah manis di Pilpres 2019. “Pak Erick Thohir kan ketua tim sukses Jokowi ketika jadi capres kemarin. Tak akan diganti,” katanya.

Baca juga : Yasonna, Awas Kepleset Lagi

Terakhir, adalah Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono. Basuki salah satu pondasi kebijakan utama Presiden Jokowi, yaitu infrastruktur. Posisi ini akan terus dipertahankan demi menjaga pembangunan. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.