Dark/Light Mode

DPD Provinsi Jambi

Eks Wawali Dan Anggota DPR Berebut Kursi ‘Warisan’ Jumiati

Rabu, 27 Februari 2019 11:16 WIB
Hj Daryati Uteng (kiri) caleg Pertahana, Sum Indra (tengah) dari DPD dan  Elviana (kanan) dari DPD.
Hj Daryati Uteng (kiri) caleg Pertahana, Sum Indra (tengah) dari DPD dan Elviana (kanan) dari DPD.

RM.id  Rakyat Merdeka - Perebutam kusri DPD Dapil Provinsi Jambi masih menguntungkan tiga pertahana. Cuma ada 1 pertahana tak maju. Kursi "warisan" incumbent ini jadi rebutan mantan Wakil Wali Kota (Wawali Jambi dan Anggota DPR dari PPP.

Berdasarkan data KPU, ada 20 calon senator Dapil Provinsi Jambi. Mereka akan memperebutkan 4 kursi. Komposisi calon senator boleh dibilang menguntungkan tiga petahana. Yakni M Syukur, Hj Daryati Uteng, dan H Abu Bakar Jamalia. Pasalnya, dua kompetiror berat mereka tidak jadi calon.

Baca juga : Kans Terpilih Calon Dari Partai Politik Lebih Besar

Dua kompetitor tidak muncul dalam daftar calon tetap (DCT) adalah, Kemuning Gilang Pertiwi dan Hj Juniwati T Masjchun Sofwan. Kemuning GilangPertiwi diketahi dicoret KPU pada November 2018. Pencoretannya tertuang dalam Keputusan KPU Nomor. 1734/PL.01.4-kpt/06/IX/2018. 

Alasan calon senator cantik ini dicoret karena dianggap tidak memenuhi persyaratan dukungan E-KTP minimal 2 ribu buah. Sementara, petahana Hj Juniwati tak maju lagi tanpa alasan jelas. 

Baca juga : Mantan Anggota DPR& Tokoh Buruh Berebut Kursi Aceng Fikri

Calon senator lain kemungkinan hanya membidik kursi "warisan" Hj Juniwati. Calon DPD itu antara lain Sum Indra, Salmah Mahir Ishak, Ria Mayang Sari dan Elviana. Sebab, keempatnya punya latar belakang organisasi maupun politik. 

Sum Indra misalnya, merupakan ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) periode 2008-2013. Tahun 2006-2012, dia juga aktif sebagai kader PAN dan terpilih sebagai Wakil Walikota Jambi Periode 2008-2013. 

Baca juga : Tiga Dinasti Di Tanah Jawara Berebut Kursi Senator

Biografi Salmah Mahir Ishak tidak kalah baik. Dia merupakan Ketua DPRD Muaro Jambi dari Partai Demokrat. Sementara, Ria Mayang Sari adalah Ketua DPRD Kabupaten Bungo periode 2014-2019.
Elviana juga berlatar belakang politisi PPP. Di partai berbasis massa Islam itu, dia pernah menjabat sebagai Wasekjen DPP PPP. Dia adalah anggota DPR periode 2014-2019.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.