Dark/Light Mode

Pemilu Serentak 2019

10 Polda Rawan Tingkat Tinggi

Minggu, 3 Maret 2019 13:30 WIB
Karo Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo. (Foto: Istimewa).
Karo Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Antarpendukung caleg itu memiliki militansi cukup tinggi, dalam satu parpol saja mereka memperebutkan kursi sudah saling berjuang, dengan konstituen yang sama mereka akan saling berebut di situ,” tuturnya.

Dedi menyampaikan, untuk daerah-daerah rawan itu, Kapolda dan Kapolres setempat telah diperintah untuk menyiapkan berbagai langkah antisipasi.

Baca juga : Warga Rangkasbitung Kebingungan Cari Rumah

Di tingkat pusat, kata Dedi, Polri juga telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan saat pemilu.

“Ada empat jenis operasi telah dilaksanakan, Operasi Mantap Brata, Satgas Nusantara, Satgas Antipolitik Uang, dan satgas khusus lainnya,” tandasnya.

Baca juga : Pemilu Serentak Bikin Angka Golput Berkurang

Mendagri Tjahjo Kumolo sebelumnya juga membocorkan, wilayah yang paling rawan selama Pemilu 2019 adalah Papua Barat, Yogyakarta dan Sumatera Barat.

Menurut dia, potensi kerawanan Pemilu 2019 merupakan tantangan demokrasi harus dihadapi dan diantisipasi seluruh pihak karena dapat meningkatkan suhu politik nasional dan mengganggu kestabilan bangsa. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.