Dark/Light Mode

Masih Jalan Sendiri-sendiri

Partai Ummat-Masyumi Sulit Melakukan Koalisi

Minggu, 22 Nopember 2020 05:54 WIB
Masih Jalan Sendiri-sendiri Partai Ummat-Masyumi Sulit Melakukan Koalisi

RM.id  Rakyat Merdeka - Wacana penggabungan Partai Ummat dengan Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi) nampaknya butuh waktu lama. Pasalnya, saat ini kedua partai masingmasing jalan sendiri-sendiri. Bahkan, keduanya sudah deklarasi.

“Soal penggabungan, Partai Masyumi sudah terlalu jauh. Partai Ummat juga sudah terlalu jauh. Jadi, Amien Rais menawarkan (konsep), tapi belum tahu jawaban dari Partai Masyumi,” ujar inisiator Partai Ummat, Putra Jaya Husein kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Meski begitu, ujarnya, proses penggabungan bisa terjadi jika salah satu partai mengaku kalah dalam tingkat popularitas atau kalah elektabilitas.

“Kalau memang niat, kita mau satu. Ya kita jalan aja dulu enam bulan sampai satu tahun. Terus kita survei. Kalau Partai Masyumi lebih tinggi elektabilitasnya daripada Partai Ummat, maka Partai Ummat membubarkan diri dan bergabung ke Partai Masyumi,” kata Putra.

Berita Terkait : Partai Masyumi Jajaki Koalisi Ke Partai Ummat Dan Amien Rais

Sebaliknya, jika Partai Ummat lebih besar tingkat elektabilitas dan popularitasnya dari Partai Masyumi, Partai Masyumi juga harus ikut dan bergabung.

“Kita mengharapkan juga hal yang sama,” ungkapnya.

Saat ini, Partai Ummat dan Partai Masyumi sama-sama sedang melengkapi berkas untuk mengurus izin pendirian partai politik.

“Kita lihat siapa yang izinnya keluar. Lalu kita lihat, mana yang lebih populer dan diterima masyarakat. Kan ujung-ujungnya masyarakat yang menentukan,” jelas dia.

Berita Terkait : Partai Masyumi Reborn Dideklarasikan 7 November

Lebih jauh, Putra Jaya membeberkan mengapa waktu yang dibuat untuk menentukan sikap bergabung atau tidak hingga satu tahun, ini supaya masing-masing partai ada persiapan dan rasa keadilan bagi semua pihak. “Supaya fair lah,” imbuh dia.

Sebelumnya, Inisiator Masyumi Reborn, Ahmad Yani mengatakan, akan menjalin komunikasi dengan pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais.

“Pak Amien kan lagi sibuk mendirikan partai baru. Kita mau ngajak dialog dan diskusi juga dengan Pak Amein. Kita mau membincangkan segala kemungkinan,” ujarnya, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Diakui Yani, selama ini Masyumi Reborn dengan Amien Rais mempunyai visi misi dan nilai perjuangan yang sama, yakni ingin menjadikan umat Islam lebih kuat dan hebat.

Baca Juga : Ronaldo Cetak Dua Gol, Juve Tempel AC Milan

“Sudah ada kesepahaman dan kepentingan yang sama agar umat Islam, negara dan bangsa lebih baik. Titik temunya di situ. Sekarang umat termarjinalkan dari politik dan ekonomi,” ujarnya.

Yani meyakini, kalau Masyumi Reborn bisa beraliansi dengan partai baru Amien Rais, maka akan menjadi satu kesatuan umat yang dahsyat. Menjadi kekuatan umat yang diperhitungkan. [REN]