Dark/Light Mode

Bersihkan Kali Ciliwung Di Ultah Ke-48

Politik Lingkungan PDIP Bisa Dicontoh Partai Lain

Minggu, 10 Januari 2021 06:40 WIB
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: Facebook)
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hari ini berulang tahun ke-48. Perayaannya tidak biasa. Bukan pertunjukan selebrasi di hotel, melainkan menanam pohon, dan membersikan Daerah Aliran Sungai (DAS) sepanjang Kali Ciliwung.

“Setelah mendengarkan sambutan virtual Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, dilanjutkan penanaman pohon secara serentak dan membersihkan Sungai Ciliwung,” ujar Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (Sekjen DPP) PDIP Hasto Kristiyanto melalui keterangan tertulis, kemarin.

Baca juga : Polisi Sterilkan Kamar Jenazah RS Polri Dari Kerumunan Wartawan

Hasto menjelaskan, tema ulang tahun PDIP kali ini adalah Cinta Ciliwung Bersih, yang merupakan kelanjutan program PDIP bertajuk Merawat Bumi, dengan melakukan gerakan penghijauan secara serentak.

Tidak hanya jajaran DPP PDIP yang merayakan ultah di Kali Ciliwung. Seluruh kader dipastikan turut berpartisipasi membersihkan sungai di daerahnya masing-masing.

Baca juga : Kali Ciliwung Meluap, 34 RT Di Kebon Pala Jakarta Timur Terendam

Mengapa sungai? Hasto menjelaskan, sungai sebagai sebagai salah satu spot peradaban manusia. Melalui sungai, air membawa nutrisi ke seluruh penjuru bumi.

Jadi, kata dia, jangan memandang sungai sebagai saluran air atau drainase semata. Namun, sebagai sebuah habitat yang menyediakan makanan yang baik bagi banyak organisme di bumi. “Membiarkan sungai tercemar, sama saja mengancam peradaban manusianya,” tegasnya.

Baca juga : Tekan Emisi Gas, Tata Kelola Lingkungan Di BUMN Meningkat

Pria kelahiran Yogyakarta ini lalu mengutip data milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menyebutkan, tahun 2020 tercatat 98 persen sungai yang ada di Indonesia dalam kondisi tercemar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.