Dark/Light Mode

Bersihkan Kali Ciliwung Di Ultah Ke-48

Politik Lingkungan PDIP Bisa Dicontoh Partai Lain

Minggu, 10 Januari 2021 06:40 WIB
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: Facebook)
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: Facebook)

 Sebelumnya 
Paling parah, berada di area Pulau Jawa. Antara lain, Sungai Citarum, Kapuas, Brantas, Bengawan Solo, Ciliwung dan Cisadane. “Kalau kita membiarkan ini, sama saja membiarkan peradaban Indonesia mati,” ujarnya.

Pengamat kebijakan publik dari Universitas Indonesia (UI) Eko Sakapurnama menyambut baik langkah PDIP merayakan ultah ke-48. Menurutnya, politik lingkungan ini perlu diikuti parpol lain sebagai komitmen bersama memperbaiki alam.

Baca juga : Polisi Sterilkan Kamar Jenazah RS Polri Dari Kerumunan Wartawan

“Jadi kalau parpol berinisiasi untuk pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), atau pembangunan berkelanjutan, itu sangat bagus,” ujar Eko.

Peneliti Center For Innovation and Governance (Cigo) FIA UI ini juga menilai, PDIP sebagai partai penguasa yang memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat.

Baca juga : Kali Ciliwung Meluap, 34 RT Di Kebon Pala Jakarta Timur Terendam

Tentunya, langkah pro lingkungan ini bisa mendorong green policy yang mendukung keseimbangan lingkungan dengan sosial-ekonomi manusia.

Hari ini, PDIP merayakan ultahnya di sepanjang Kali Ciliwung sekitar pukul sembilan pagi. Diawali dengan sambutan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan dilanjutkan dengan membersihkan sungai.

Baca juga : Tekan Emisi Gas, Tata Kelola Lingkungan Di BUMN Meningkat

Acara ini akan dilaksanakan terbatas dan memberlakukan protokol kesehatan ketat. Untuk diketahui, ultah PDIP ke-48 ini bertepatan dengan Hari Menanam Sejuta Pohon Sedunia. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.