Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

JK Tanggapi Pilihan Erwin Aksa

Kalau Minta Izin, Saya Tidak Kasih

Rabu, 27 Maret 2019 08:31 WIB
Erwin Aksa. (Foto: Istimewa).
Erwin Aksa. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Keputusan Erwin Aksa mendukung Prabowo-Sandi tidak mendapat izin Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla.

Sebagai Paman, JK hanya sekedar diberi tahu oleh keponakannya. “Dia tidak minta izin. Dia cuma kasih tahu. Kalau itu adalah level izin, saya tidak kasih izin,” kata JK, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (26/3).

Meski menyatakan tak akan memberi izin, JK tetap menghargai keputusan sang ponakan. Alasannya, pilihan Erwin bagian dari proses demokrasi yang harus dihormati.

Baca juga : Luhut Minta Nelayan Tidak Termakan Hoaks

“Ya, kalau Erwin punya sikap begitu, ya saya hargai sikap itu, walaupun dia tidak minta izin, dia cuman kasih tahu,” tegasnya. Ketua Dewan Pengarah TKN ini juga memaklumi alasan Erwin.

Sebagai sahabat dekat Sandiaga Uno, menurutnya wajar bila Erwin mendukungnya. “Saya sering ajarkan sama mereka ini keluarga-keluarga kami, keluarga saya bahwa persahabatan itu seumur hidup. Politik itu hanya 5 tahun. Tiap lima tahun berubah-ubah sikap itu,” ucapnya.

Seperti diketahui, politisi Golkar Erwin Aksa memilih sikap berseberangan dengan partainya. Bukan hanya partai, Erwin beda pilihan politik dengan Ayahnya, Aksa Mahmud dan JK.

Baca juga : Jokowi Janji Keluarkan Kartu Pintar Kuliah Tahun Depan

Karena Aksa dan JK sama-sama jadi pendukung Jokowi. Erwin sebelumnya mengatakan, bila JK sudah tahu soal keputusannya itu.

Apa reaksinya? “Ketawa saja beliau (JK), ketawa saja. ‘Erwin biasanya susah diatur’ katanya,” jelas Erwin.

Eks Ketua DPP Golkar Bidang Koperasi dan UKM ini mengaku terbiasa dengan perbedaan politik di tengah-tengah keluarganya.

Baca juga : Irwandi Yusuf: Kalau Dibuka, Banyak Yang Kena

Dia mengklaim keputusan mendukung Sandiaga dibuat sejak jauh-jauh hari. “Dukungan jalan terus, saya kira momen ini adalah salah satu momen di mana teman pengusaha ingin menyampaikan sikap tegas, yang lebih clear, saya kira dukungan itu diberikan oleh teman pengusaha,” tegasnya.

Bukan hanya sekedar mendukung, pengusaha asal Makasar ini turut membantu pemenangan. Erwin ikut mendampingi Prabowo kampanye akbar di Makasar Minggu (24/3) dan Sandi di Jakarta Timur pada Senin (25/3) kemarin. [MHS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.