Dark/Light Mode

Kampanye #7

Ma’ruf Bicara Dinosaurus, Sandi Takut Matahari

Minggu, 31 Maret 2019 06:42 WIB
Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin kampanye di Depok, kemarin. (Foto: Antara)
Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin kampanye di Depok, kemarin. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kampanye terbuka hari ketujuh, kemarin, para capres tak turun ke lapangan. Jokowi dan Prabowo lebih memilih acara rileks, untuk mempersiapkan debat yang digelar malam hari. Sementara para cawapres masih terus bergerilya. Ma’ruf Amin berkunjung ke kandang Sandiaga Uno di Depok. Sementara, Sandi bergerilya di kampung halaman Ma’ruf, Banten.

Kampaye terbuka Ma’ruf dipusatkan di Lapangan Kamboja, Pancoran Mas, Depok. Sejak pukul 9 pagi, ratusan relawan dan pendukung sudah memadati acara. Kebanyakan yang datang ibu-ibu. Ma’ruf tiba di lokasi sekitar pukul 10.30 WIB, mengenakan koko putih dibalut jas, peci hitam dan sorban yang tersampir di pundak. Kampanye ini digagas oleh Arus Baru Muslimah, salah satu relawan Jokowi-Ma'ruf. Turut hadir Wakil Ketua TKN, Rosan Roeslani dan Mustasyar PCNU Depok Shihabuddin Ahmad.

Dalam pidatonya, Ma’ruf memaparkan hasil kerja Jokowi memimpin selama 4,5 tahun. Kata dia, hasil kerja Jokowi bisa terlihat nyata. Bukan omdo alias omong doang. Bukan sekadar janji. Tapi bukti.

Dia juga menyampaikan kelebihan-kelebihan Jokowi. Menurut Ma’ruf, Jokowi adalah sosok yang dekat dengan Islam. Jika ada yang mengatakan Jokowi anti-Islam, itu bohong alias hoaks. Ma’ruf pun mengungkapkan berbagai kebijakan yang pro umat Islam. Antara lain penyerahan sertipikat tanah wakaf untuk masjid, mushala, pondok pesantren serta lembaga-lembaga pendidikan. "Banyak yang telah beliau perbuat," tegas Ma’ruf.

Karena itu, dia meminta masyarakat mendukung, Jokowi-Ma'ruf. Bersama Jokowi, dia menyebut sebagai pasangan nasionalis-religius. Ma’ruf pun mengajak para relawan terus bergerak memenangkan Jokowi. Dia menargetkan raihan suara di Depok 70 persen.

Baca juga : Ma’ruf: Ada Yang Bilang Sebentar Lagi Saya Mati

“Depok menang apa tidak?,” tanya Ma’ruf. Hadirin yang hadir kompak menjawab menang.

“Kenapa 01 harus menang? Karena Indonesia maju, bukan Indonesia bubar, bukan Indonesia punah. Memangnya dinosaurus? Indonesia harus maju, sejahtera, berkah," ujar Ma'ruf.

Untuk diketahui, Depok disebut basis PKS yang merupakan partai pengusung Prabowo-Sandi.

"Betul, tapi saya kira pendukung Jokowi-Amin tetap menyatu, dari kalangan nasionalis, berbagai agama, semua menyatu," ujar Ma'ruf usai acara.

Dari Depok, Ma’ruf lanjut ke Jakarta. Dia menghadiri Kongres Santri dan Rapat Kerja Nasional Forum Santri Nasional (FSN). Dalam sambutannya, Ma’ruf mengucapkan selamat atas digelarnya Kongres Santri. Santri adalah salah satu harapan bangsa yang memahami ilmu agama. Dia lalu memotivasi para santri agar percaya diri dan optimis. Jangan minder.

Baca juga : Diajak Poligami, Sandi Takut Istri

Kata dia, santri saat ini bisa menjadi apa pun, mulai ulama hingga cawapres. “Saya ini santri, tapi bisa jadi calon wakil presiden," kata Ma'ruf di Hall A, JCC, Jakarta. Ma’ruf juga mengingatkan, santri harus siap mengawal NKRI.

Sementara, Sandi kampanye di Cilegon, Banten. Eks Wagub DKI Jakarta ini tiba di Cilegon sekitar pukul 08.50 pagi. Sebelum berorasi menemui pendukungnya, Sandi menyempatkan sarapan makanan khas Cilegon di posko pemenangan Prabowo-Sandi Cilegon. Menunya sate bebek dan kueh jojorong. Sandi didampingi Presiden PKS Sohibul Iman dan sejumlah pengurus partai koalisi pendukung Prabowo-Sandi. Usai sarapan, Sandi geser ke lapangan Jalan Lingkar Selatan menemui para pendukung yang sudah berkumpul sejak pagi.

Di hadapan para pendukungnya, Sandi mengatakan Cilegon adalah kota industri. Merupakan lokomotif bagi penciptaan lapangan pekerjaan. Dan, kata dia, hal tersebut sejalan dengan kebijakan Prabowo-Sandi yang menitikberatkan pada penciptaan lapangan pekerjaan.

"Untuk membuka lapangan kerja tentu industri harus tumbuh. Agar industri bisa tumbuh maka harus ada kebijakan kondusif terhadap perkembangan industri," kata Sandi.

Jika terpilih, Sandi berjanji akan menerapkan kebijakan "Bigpush" yakni strategi dorongan besar agar industri pengolahan tumbuh berkembang. Diharapkan Kota Cilegon menjadi ikon terhadap perkembangan industri besar di Indonesia. "Saya sangat optimis mudah-mudahan Prabowo-Sandi bisa memberikan solusi yang terbaik bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Baca juga : Pertamax Mau Disubsidi, Rakyat Makin Dimanja

Sandi juga berjanji akan menurunkan harga-harga sembako dan listrik jika dia menang. Karena itu, dia mengajak yang hadir untuk menyampaikan aspirasi politik pada 17 April nanti dengan mencoblos capres-cawapres nomor urut 02.

Orasi Sandi di lokasi singkat. Tak sampai setengah jam. Begitu lewat pukul 10 pagi Sandi menyudahi orasinya. Alasannya, terik sinar matahari di atas pukul 10 sudah tidak sehat lagi.

Dari sana, Sandi melanjutkan rangkaian kampanye di Serang yang dipusatkan di Lapangan Taman Ciruas Permai Kabupaten Serang. Di sana, Sandi makan siang dan salat zuhur di Kantor DPW PKS di Kota Serang.

Dari situ, Sandi menghadiri peresmian rumah siap kerja dan OK OCE Santri Melek Usaha di Pondok Pesantren Modern Al Husainy di Serpong, Tangerang Selatan. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.