Dark/Light Mode

Pengen Dapat Simpati Rakyat

Masyumi Kudu Rangkul Ormas Islam Dan Milenial

Rabu, 7 April 2021 08:11 WIB
Ilustrasi. Partai Masyumi. (ist)
Ilustrasi. Partai Masyumi. (ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Masyumi Reborn baru saja mengumumkan struktur kepengurusannya. Partai yang dikomandoi Ahmad Yani itu masih punya banyak pekerjaan rumah.

Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga mengatakan, ada beberapa pekerjaan rumah yang harus dilakukan Ahmad Yani Cs, jika ingin mendapatkan simpati dari masyarakat.

Pertama, harus melakukan komunikasi secara intensif kepada tokoh-tokoh yang mempunyai afiliasi dengan Partai Masyumi.

Baca juga : Aturan Vaksinasi Mandiri Kudu Kelar Pekan Depan

“Jika memungkinkan, ajak bergabung membesarkan partai di Pemilu yang akan datang,” sarannya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurut Jamiluddin, kalau langkah pertama ini bisa dilakukan, maka akan memudahkan bagi Yani membangkitkan para keluarga dan anak pengurus Partai Masyumi. Kedua, merangkul organisasi Islam yang selama ini menjadi penopang kebesaran Partai Masyumi di era Presiden Soekarno.

Kala itu, sebutnya, Partai Masyumi menjadi besar karena bisa merangkul semua ormas Islam. “Makanya, ormas seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Persis dan ormas lainnya harus dirangkul,” sarannya.

Baca juga : Jaksa Pinangki Pernah Urus Grasi Mantan Gubernur Riau

Ketiga, Partai Masyumi juga harus berani mendekati para pemilih pemula atau kalangan milenial. Selama ini, Partai Masyumi dikenal sebagai partai orang tua dan tidak melakukan regenerasi kepemimpinan, sehingga kadernya mandek.

“Perlu diingat pada saat Pemilu 2024, pemilih milenial ini angkanya sangat besar. Jika berhasil meraih setengah dari pemilih milenial, akan bisa membuat Partai Masyumi melenggang ke Senayan,” katanya.

Yang terakhir, Jamiluddin berpesan, agar seluruh pengurus Partai Masyumi melek media sosial (medsos) supaya lebih mudah meraih dukungan masyarakat. “Jadikan medsos alat propaganda dan kampanye Partai Masyumi, pasti berdampak signifikan,” ucapnya.

Baca juga : Mendag : Semua Negara Maju Sudah Jalankan Vaksinasi Covid-19

Sabtu (3/4/) lalu, Sekretaris Majelis Syuro Partai Masyumi, Abbas Thaha mengumumkan Pengurus Dewan Pimpinan (DPP) Pusat Partai Masyumi periode 2021-2026.

Dalam Surat Keputusan (SK) Majelis Syuro yang ditandatangani Abdullah Hehamahua dan Abbas Thaha itu, Ketua Umum Partai Masyumi adalah Ahmad Yani dan Sekretaris Jenderal TB. Massa Djafar. Sedangkan Bendahara Umum Arif Budiman. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.