Dark/Light Mode

Setuju Peleburan Kemenristek Ke Kemendikbud

Hasto: BRIN Bakal Makin Kuat, Jangan Mau Kalah Sama Singapura Dan Korsel

Sabtu, 10 April 2021 14:44 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: DPP PDIP)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: DPP PDIP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengapresiasi keputusan DPR yang menyetujui usulan Presiden Jokowi soal peleburan Kementerian Riset dan Teknologi ke dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasto menilai, keputusan itu mencerminkan kedua belah pihak sangat memahami pentingnya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), yang akan langsung berada di bawah Presiden.

Baca juga : Kemenristek Dilebur Ke Kemendikbud, Kementerian Investasi Dibentuk

Peleburan tersebut akan menguatkan posisi BRIN. Meski Perpres No.74 Tahun 2019 tentang BRIN belum diundangkan.

"BRIN akan semakin kuat. Di bawah Presiden, BRIN makin menjadi sebuah infrastruktur yang sangat penting bagi percepatan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi itu. Masa kita kalah sama Singapura, sama Korea Selatan yang kemerdekaannya tidak jauh berbeda dengan kita? Itu karena apa? Risetnya," kata Hasto menjawab wartawan di sela acara Gowes PDIP bareng Wartawan, Sabtu (10/4).

Baca juga : Eks TKN Jokowi : Jangan Sampai Hukum Dan Demokrasi Berjalan Mundur

Hasto menambahkan, dalam kerangka ideologis PDIP, BRIN akan menjadi penopang kemandirian Indonesia.

Ia lantas bercerita, pada saat PDIP mencalonkan Jokowi sebagai Presiden, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri tak bicara soal bagi-bagi jabatan politik.

Baca juga : Senayan Sayangkan Guru Bukan Lagi Profesi Idaman

Mega justru menyampaikan pentingnya Indonesia memiliki Badan Riset dan Inovasi. Menggali ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkait dengan manusia, flora, fauna, serta perkembangan teknologi itu sendiri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.